SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Validasi Tes Keterampilan Teknik Dasar Bolabasket Yang Dikemas Dalam Media Video Dan Buku Panduan Pelaksanaan Tes Untuk Kelas X SMK Negeri 4 Malang

Mustika Sekar Sari

Abstrak


RINGKASAN

Sari, Mustika Sekar. 2018. Validasi Tes Keterampilan Teknik Dasar Bolabasket Yang Dikemas Dalam Media Video Dan Buku Panduan Pelaksanaan Tes Untuk Kelas X SMK Negeri 4 Malang.Skripsi, Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes., (II) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci:validasi, tes keterampilan, video, teknik dasar bolabasket, bolabasket.

Bolabasket merupakan permainan beregu yang dimainkan oleh dua tim di lapangan. Ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bolabasket. SMK Negeri 4 Malang memiliki permasalahan tes yang diberikan guru tidak menarik dan membuat siswa bosan, yaitu ketika penilaian bolabasket siswa hanya diberikan tes dribble di tempatdan dribbleberjalan. Hal ini disebabkan karena guru tidak memiliki tes keterampilan yang bervariasi danvalid. Salah satu cara untuk mendapatkan hasil belajar siswa yang maksimal yaitu dengan membuatkan tes yang beragam danbervariatif, menyerupai permainan yang sesungguhnya, dan validyang dikemas dalam media yang menarik minat belajar siswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan memvalidasikan tes keterampilan bolabasket dikemas dalam media video tes keterampilan bolabasket dilengkapi dengan buku panduan tes tersebut yang nantinya diharapkan dapat menunjang keberhasilan proses penilaian psikomotor materi bolabasket di SMK Negeri 4 Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Subjek yang digunakan adalah siswa laki-laki kelas X Multimedia SMK Negeri 4 Malang yang berjumlah sebanyak 40siswa. Kelompok kecil berjumlah 30 siswa dan kelompok besar berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan sebuah pendekatan problem oriented.

Berdasarkan hasil analisis data 5 jenis tes keterampilan teknik dasar bolabasket yang dikembangkan dapat disimpulkan bahwa: (1) hasiluji validitas tes keterampilan teknik dasar bolabasket menggunakan kriterion eksternal (penilaian judge) dan teknik validitas tes ulang (test & retest) dapat dinyatakan valid, (2) hasil uji reliabilitas tes keterampilan teknik dasar bolabasket dapat dinyatakan reliable, (3) hasil uji objektivitas tes keterampilan teknik dasar bolabasket dapat dinyatakan objektiv.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan tes keterampilan teknik dasar bolabasket yang dilakukan dapat digunakan karena telah teruji tingkat kevalidannya. Guru dapat menggunakan tes keterampilan teknik dasar ini karena tes yang dirancang lebih bervariatif sehingga membuat suasana menyenangkan serta tidak membuat siswa merasa bosan, menyerupai permainan yang sesungguhnya, mencakup materi teknik dasar bolabasket sesuai kurikulum yang digunakan, dan telah teruji tingkat kevalidannya.