SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektifitas Latihan Body Position Pada Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Bagi Pemula Menggunakan Metode DrillDi Club Oscar Fc Malang.

Gema Eka Putra Ramadhan

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu gerak dasar renang gaya bebas yang belum memenuhi kriteria, belum memenuhinya kriteria dasr renang gaya bebas ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti waktu yang dibutuhkan dalam pelatihan renang gaya bebas ini cukup lama karena gaya bebas adalah gaya pertama yang diajarkan dalam berenang. Sehubungan dengan permasalahan tersebut melalui efektifitas latihan body position ini diharapkan dapat meningkatkan gerak dasar renang gaya bebas.

Tujuan Penelitian Tindakan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar renang gaya bebas menggunkan latihan body position menggunakan metode drill untuk atlet renang pemula di Oscar FC Malang. Penelitian tindakan olahraga ini menggunkan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet renang pemula Oscar Family Club yang berjumlah 12 atlet.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan olahraga (PTO). Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan gerak renang gaya bebas bagi perenangpemula di Oscar Family Club dengan menggunakan metode latihan Drill.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan gerak dasar renang gaya bebas menggunakan metodelatihandrill pada atlet renang pemula Oscar FC mengalami peningkatan setelah dilakukan latihanEfektifitas latihanbody positionmenggunakanmetodedrill.Latihan dilakukan dengan dua siklus masing-masing 3 pertemuan setiap siklus. Tingkat keberhasilan keterampilan gerak renang gaya bebasatlet pemula di Oscar FC pada siklus 1 dengan presentase ketuntasan keseluruhan keterampilangerak pengambilan nafas sebanyak 52,5%, gerak lengan  sebesar 52,8%,dangerak tungkai sebesar 77,8%. Sedangkan tingkat keberhasilan pada siklus 2 dengan presentase ketuntasan keseluruhan keterampilan gerak pengambilan nafas sebanyak 93,9%, gerak lengan  sebesar 87,8%,dangerak tungkai sebesar 87,8%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Efektifitas latihan body position menggunkan metode drill dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar renang gaya bebas atlet pemula di club renang Oscar FC. Disarankan bagi pelatih renang dapat menggunakan latihan body position menggunakan metode drill rujukan menyusun program latihan khususnya untuk meningkatkan keterampilan gerak renang gaya bebas.