SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

BIOGRAFI AHMAD BUSTOMI PEMAIN POTENSIAL ASAL MALANG: (TINJAUAN MOTIVASI DAN KEPRIBADIAN)

Diky Nur Huda

Abstrak


ABSTRAK

 

Huda, Diky, Nur. 2017. Biografi Ahmad Bustomi Pemain Potensial Asal Malang; (Tinjauan Motivasi dan Kepribadian). Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Pembimbing: (1) Dr. Eko Hariyanto, M. Pd.

 

Kata Kunci: prestasi, motivasi, kepribadian, kesuksesan

 

Sepakbola adalah salah satu cabang olahraga yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Sepakbola bisa dikatakan sebagai aktivitas olahraga yang dapat diterima oleh semua kalangan, mulai dari orang dengan taraf sosial rendah sampai yang taraf tinggi. Penggemar sepakbola ada yang beranggapan bahwa permainan sepakbola adalah sebuah permainan yang mudah, murah dan tidak memerlukan tempat yang khusus. Kebutuhan akan pemain profesional yang berkualitas di Indonesia saat ini menjadi permasalahan klub dan persoalan bagi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia, karena PSSI kesulitan mendapatkan pemain profesional yang berkualitas untuk bergabung di Tim Nasional sepakbola Indonesia. Hal tersebut terbukti PSSI lebih memilih menaturalisasi pemain sepakbola keturunan Indonesia yang bermain di luar negeri.

Penelitian ini berfokus pada faktor kesuksesan pemain sepakbola profesional yang bermain di Liga Sepakbola Nasional yaitu Ahmad Bustomi. Penelitian ini bertujuan mengetahui motivasi berprestasi Ahmad Bustomi dalam bermain sepakbola, dan mengetahui kepribadian Ahmad Bustomi yang berpengaruh pada pencapaian prestasinya dalam bermain sepakbola.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus yang mengemukakan hal-hal khusus tentang latar belakang pada individu tertentu yaitu Ahmad Bustomi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan, wawancara mendalam, dan  studi dokumentasi.

Hasil penelitian diperoleh profil seorang Ahmad Bustomi. Perjalanan karier sepakbola Ahmad Bustomi sejak bermain di Sekolah Sepak Bola Unibraw 82, memasuki Persema Junior, tahun 2004 menjadi pemain Persikoba Batu, tahun 2005 pemain Persema Malang, dan tahun 2006 menjadi pemain Nasional U-23.

Kesimpulan, penelitian ini dapat diungkapkan faktor-faktor yang berpengaruh dalam kesuksesan Ahmad Bustomi. Faktor motivasi Ahmad Bustomi terungkap dari keinginan yang besar dalam mencapai keberhasilan, memiliki keinginan yang besar untuk berprestasi di tempat kerja, menyelesaikan segala sesuatu dengan mandiri, tidak mudah menyerah dalam mengalami kesulitan, lebih menyukai tugas-tugas dengan taraf kesukaran yang cukup, suka dengan adanya kompetisi, dapat menghargai  waktu  secara  efektif dan efisien, dan giat bekerja keras untuk mencapai keberhasilan. Faktor kepribadian Ahmad Bustomi terungkap melalui Teori M.A.W Brouwer dimana Ahmad Bustomi termasuk kelompok flegmatik yang bercirikan (a) orang yang aktif, (b) tenang, (c) seimbang, (d) tegar menghadapi masalah, (e) Suka bekerja keras, (f) disiplin dengan waktu, (g) konsekuen dengan cita-cita yang telah dibuatnya, serta (h) optimis dengan apa yang diinginkan.