SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

“Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Menggunakan Pendekatan Bermain dan Berlomba Pada Siswa Kelas XI Keperawatan SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Probolinggo”

widi yanto

Abstrak


Kata Kunci: pendekatan bermain dan berlomba, passing bawah bolavoli.

 

            Dari hasil observasi awal dengan jumlah 30 siswa didapatkan persentase tingkat kesalahan pemain pada keterampilan servive sebesar 26,67%, keterampilan passing bawah sebesar 66,67%, passing atas 60%,  keterampilan block sebesar 56,67%, dan keterampilan smash sebesar 50%. Data tersebut menunjukkan bahwa siswa masih melakukan banyak kesalahan pada teknik passing bawah. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif pemecahan, salah satunya dengan menggunakan pendekatan bermain dan berlomba di dalam latihan keterampilan passing bawah permainan bolavoli.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan passing bawah permainan bolavoli dalam pembelajaran siswa kelas XI Keperawatan SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Probolinggo menggunakan pendekatan bermain dan berlomba.

            Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa Kelas XI Keperawatan SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Probolinggo.

            Hasil dari penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan pemain dalam melakukan passing bawah setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan bermain dan berlomba. Tingkat keberhasilan siswa pada siklus 1, posisi kaki meningkat dari 33,33% menjadi 70%, sikap badan dari 33,33% menjadi 66,67%, posisi lengan dari 40% menjadi 80%, perkenaan bola dari 26,67% menjadi 66,67% dan arah bola dari 30% menjadi 60%. Dan tingkat keberhasilan pada siklus 2, posisi kaki meningkat dari 70% menjadi 93,33%, sikap badan dari 66,67% menjadi 93,33%, posisi lengan 80% menjadi 100%, perkenaan bola dari 66,67% menjadi 90% dan arah bola dari 60% menjadi 86,67%.