SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Permainan Target Terhadap Ketepatan Tendangan Penalti Menggunakan Punggung Kaki dan Kaki Bagian Dalam Bagi Peserta Ekstrakurikuler Futsal Di SMK Negeri 12 Malang

Iwan Fachrozi

Abstrak


Futsal adalah sebuah permainan beregu yang dimainkan masing-masing lima pemain termasuk seorang penjaga gawang. Dalam permainan futsal, tendangan penalti merupakan gerakan yang perlu dikuasai oleh setiap pemain. Kemampuan menendang penalti peserta ekstrakurikuler di SMK Negeri 12 Malang belum memenuhi kriteria ketepatan tendangan penalti. Hal ini dibuktikan 1 peserta (5%) melakukan dengan baik, 11 peserta (55%) dengan kategori cukup, sedangkan 8 peserta (40%) dengan kategori kurang. Kemampuan menendang penalti harus dikembangkan pada setiap pemain futsal guna meningkatkan kemampuan saat bermain futsal dengan tujuan dapat menciptakan gol.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh permainan target terhadap ketepatan tendangan penalti menggunakan punggung kaki dan kaki bagian dalam bagi peserta ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 12 Malang.

Rancangan penelitian yang dipakai adalah penelitian eksperimen macthing pretest-posttest control group design. Subyek penelitian ini adalah 20 pemain Futsal di SMK Negeri 12 Malang. Subyek penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen latihan permainan target menggunakan punggung kaki berjumlah 10 pemain dan kelompok eksperimen latihan permainan target menggunakan kaki bagian dalam berjumlah 10 pemain. Analisis data dari penelitian ini yaitu berupa teknik analisis varians satu jalur.

Dari hasil analisis data, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian. Pertama, latihan permainan target memberikan pengaruh terhadap ketepatan tendangan penalti menggunakan punggung kaki bagi peserta ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 12 Malang (P = 0,000 < α = 0,05). Kedua, latihan permainan target memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ketepatan tendangan penalti menggunakan kaki bagian dalam bagi peserta ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 12 Malang (P = 0,000 < α = 0,05). Ketiga, tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap ketepatan tendangan penalti menggunakan punggung kaki dan kaki bagian dalam di SMK Negeri 12 Malang  (P = 0,024 < α = 0,05).

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan latihan permainan target menggunakan kaki bagian dalam lebih baik untuk meningkatkan ketepatan tendangan penalti bagi peserta ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 12 Malang. Saran yang dapat diberikan kepada pelatih ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 12 Malang hendaknya menggunakan latihan permainan target menggunakan kaki bagian dalam  sebagai bentuk latihan untuk meningkatkan ketepatan tendangan penalti bagi peserta ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 12 Malang.