SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN SMALL SIDED GAMES DAN GAYA KOMANDO TERHADAP VO2 MAX PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMA NEGERI 1 BATU

Bernadus . Anandra

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRACT

From the result of test VO2 max of 24 Extracurricular Participants Futsal Men's SMAN 1 Batu obtained mean of VO2 max value 37,05 ml/kg/min, while the value of the normative VO2 max is age SMA between 15-19 years 38,4-45,1 ml/kg/min. The purpose of this study is to find the influence of learning with small sided games and style command to VO2 max participants extracurricular futsal SMAN 1 Batu. Research design that used in this research is matching pretest-posttest control group design with subject 24 student. Based from F count 5,99 > F table 4,30 for learning with small sided games, while F count 0,556 < F table 4,30 for learning with style command. The comparison from two learning can be obtained F count 15, 31 > F table 4,30. Based on the research can be concluded that learning with small sided games give influence better than learning with style command.

Keywords: small sided games, style command, VO2 max.

ABSTRAK

Dari hasil tes VO2 max pada 24 peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Batu diperoleh rata-rata sebesar 37,05 ml/kg/min, sedangkan nilai normative VO2 max usia SMA antara 15-19 tahun adalah 38,4-45,1 ml/kg/min. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan small sided games dan gaya komando terhadap VO2 max peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Batu. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah macthing pretest-posttest control group design dengan jumlah subjek 24 peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan F hitung 5,99 > F tabel 4,30 untuk pembelajaran dengan small sided games, sedangkan pembelajaran dengan gaya komando F hitung 0,556 < F tabel 4,30. Perbandingan dari kedua kelompok pembelajaran diperoleh F hitung 15,31 > F tabel 4,30, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan small sided games memberikan pengaruh yang lebih baik daripada pembelajaran dengan gaya komando.

 

Kata Kunci: small sided games, gaya komando, VO2 max