SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Latihan Pliometrik Box Jump dan Knee Tuck Jump Terhadap Peningkatan Kemampuan Daya Ledak Otot Tungkai Pada Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMP Negeri 2 Tempeh Kabupaten Lumajang

ipung hadi wantoro

Abstrak


Latihan pliometrik merupakan metode latihan untuk meningkatkan daya ledak otot dengan bentuk kombinasi latihan antara kekuatan dan kecepatan yang mempergunakan pembebanan dinamik dan bertahap. Pliometrik dianggap sebagai latihan yang dapat meningkatkan daya ledak otot tungkai. Latihan pliometrik yang dapat meningkatkan daya ledak otot tungkai adalah latihan pliometrik box jump dan latihan pliometrik knee tuck jump.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara metode latihan pliometrik box jump dan latihan pliometrik knee tuck jump tehadap peningkatan  kemampuan daya ledak otot tungkai pada peserta ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 2 Tempeh Kabupaten Lumajang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control group pretest-posttest. Populasi peserta ekstrakurikuler bolavoli berjumlah 37 dan Sampel yang digunakan berjumlah 22 peserta ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 2 Tempeh Kabupaten Lumajang. Kemudian Sampel penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu latihan box jump terdiri dari 11 peserta dan latihan knee tuck jump terdiri dari 11 peserta. frekuensi latihan 3 kali seminggu selama 6 minggu. Analisis data penelitian ini yaitu berupa teknik analisis varians satu jalur.

Dari hasil pengujian Hipotesis dengan menggunakan uji F pada taraf signifikasi 0,05, diperoleh hasil hipotesis pertama F hitung sebesar 4,38 > F tabel 3,52 untuk latihan pliometrik box jump, untuk hasil hipotesis kedua kelompok latihan pliometrik knee tuck jump diperoleh F hitung sebesar 4,17 > F tabel 3,52, dan hasil hipotesis ketiga selisih masing-masing kelompok latihan diperoleh F hitung 0,15 < F tabel 3,52. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan yakni tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara latihan pliometrik box jump dengan latihan pliometrik knee tuck jump terhadap daya ledak otot tungkai, tetapi berdasarkan rata-rata terdapat adanya kecenderungan.

 

Saran yang dapat diberikan kepada pelatih  ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 2 Tempeh Kabupaten Lumajang sebaiknya menggunakan latihan pliometrik box jump sebagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya ledak otot tungkai, karena perolehan hasil penelitian yang telah dilakukan ternyata latihan pliometrik box jump memberikan pengaruh yang lebih baik daripada latihan pliometrik knee tuck jump terhadap peningkatan kemampuan daya ledak otot tungkai pada peserta ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 2 Tempeh Kabupaten Lumajang.