SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PROFIL KEBUGARAN JASMANI PESERTA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER CABANG OLAHRAGA DI SMKN 2 MALANG

rega nata putri

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Putri, Rega Nata 2016. Profil Kebugaran Jasmani Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Cabang Olahraga Di SMKN 2 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M. E. Winarno, M.Pd., (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

Kata kunci: survey, kebugaran jasmani, esktrakurikuler, cabang olahraga.

Berdasarkan penelitian latihan peserta ekstrakurikuler cabang olaharaga di SMKN 2 Malang memiliki kebugaran jasmani dalam kategori rendah sehingga dibutuhkan pelatihan dan pembinaan kebuagarn jasmani dan pelatih tidak memiliki data kebugaran jasmani setiap individu peserta esktrakurikuler. Berdasarkan masalah tersebut penulis melakukan penelitian berjudul Profil Kondisi Fisik Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Cabang Olahraga Di SMKN 2 Malang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan kebugaran jasmani setiap individu peserta ekstrakurikuler cabang olahraga di SMKN 2 Malang

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survei dan pengumpulan data menggunakan tes. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 93 siswa dengan rentang usia 15-19 tahun. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui kondisi fisik subjek adalah tes kebugaran jasmani Indonesia. Data yang diperoleh kemudian dikategorikan berdasarkan ketentuan standart tes kebugaran jasmani dan dianalisis secara deskriptif dilakukan secara manual dengan bantuan meng-gunakan kalkulator Casio FX-115ES Plus dan dengan bantuan dari jasa komputer progam SPSS versi 20.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi fisik komponen kecepatan memiliki rata-rata sedang, komponen kelincahan memiliki rata-rata baik, komponen daya tahan memiliki rata-rata kurang sekali, komponen kelentukan memiliki rata-rata sedang, komponen kekuatan memiliki rata-rata sedang, dan komponen daya ledak memiliki rata-rata sedang.

 

Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa 93 kebugaran jasmani perserta ekstrakurikuler cabang olahraga dalam kategori “sedang”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disarankan kepada pelatih untuk memperhatikan kondisi fisik setiap individu dan memberikan latihan serta pembinaan terhahap setiap komponen kebugaran jasmani guna menunjang kemampuan teknik dan taktik serta menampilkan perfoma terbaik.