SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Pembelajaran Dribbling, Passing, dan Trapping Sepakbola Menggunakan Media VCD Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Pungging Kabupaten Mojokerto

Jevie Chomarasandy

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Chomarasandy, Jevie. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Dribbling, Passing, dan Trapping Sepakbola Menggunakan Media VCD Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Pungging Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Agus Tomi, M.Pd, (2) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

Kata kunci: Pengembangan, Dribbling, Passing, Trapping, Sepakbola, VCD.

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan di SMP Negeri 2 Pungging Kabupaten Mojokerto diketahui siswa tertarik dengan adanya variasi dalam pembelajaran teknik dribbling, passing, dan trapping sepakbola. 24 siswa (86%) menyatakan kurang mengetahui tentang macam-macam variasi pembelajaran dribbling, passing, dan trapping sepakbola, 28 siswa (100%) tertarik terhadap adanya media audio visual variasi dribbling, passing, dan trapping sepakbola, 28 siswa (100%) mengharapkan adanya media pembelajaran yang sesuai dengan kemajuan teknologi saat ini.

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran dribbling, passing dan trapping untuk peserta pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan khusunya kelas VIII pada materi sepakbola di SMPN 2 Pungging Kabupaten Mojokerto.

Prosedur penelitian dan pengembangan dilakukan dengan analisis kebutuhan observasi, pembuatan rancangan produk media pembelajaran dalam bentuk video, produk awal berupa VCD, di evaluasi oleh para ahli, revisi produk awal, uji coba kelompok kecil, revisi Produk, uji coba kelompok besar, produk akhir berupa VCD.

Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa produk masuk dalam kategori valid dengan presentase 85.7% pada keseluruhan uji coba produk dan pengembangan model pembelajaran dribbling, passing, dan trapping menggunakan media VCD layak sebagai produk yang telah teruji.

 

Kesimpulan hasil penelitian dan pengembangan yaitu produk pengembangan model pembelajaran dribbling, passing, dan trapping menggunakan media VCD layak untuk digunakan untuk siswa kelas VIII di SMPN 2 Pungging Kabupaten Mojokerto. Saran yang diberikan yaitu (1) Saran Pemanfaatan yaitu membantu siswa lebih semangat untuk mempelajari teknik dribbling, passing, dan trapping dalam kegiatan pembelajaran penjaskes pada materi sepakbola dan diharapkan dapat menunjang prestasi siswa dibidang sepakbola. (2) Saran Diseminasi yaitu disosialisasikan kepada guru-guru di seluruh Kabupaten Mojokerto ketika ada kegiatan MGMP penjaskes.