SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Variasi Latihan Teknik Tangkapan dan Jatuhan pada Siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa SMK Negeri 12 Malang

Zulfikar Abimanyu

Abstrak


Abimanyu, Zulfikar. 2016. Pengembangan Variasi Latihan Teknik Tangkapan dan Jatuhan pada Siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa SMK Negeri 12 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eko Hariyanto, M. Pd, (II) Fahrial Amiq, S. Or, M. Pd.

Kata Kunci: pencak silat, media audio visual, teknik tangkapan dan jatuhan.

Pencaksilatadalahsuatubentuksenibeladirikhasbangsa Indonesia.Materi yang diajarkan dalam pencak silat adalah kuda-kuda, polalangkah, sikappasang, serangan, belaan, hindaran, tangkapan dan, jatuhan. Berdasarkan kedelapan materi yang diajarkantersebut, dalam penelitian ini akan meneliti tentang tangkapan dan jatuhan.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajarantentang pengembangan teknik tangkapan dan jatuhan menggunakan media audio visual pada siswa ekstrakurikuler pencak silat Nahdlatul UlamaPagar Nusa SMK Negeri 12 Malang.Media audio visual tersebut diharapkan dapat membantu penguasaan materi dalam latihan di sekolah maupun di rumahsecarabenardanpraktis.

 

Pengembangan media pembelajaran menggunakan media audio visualyang berisi variasi latihan teknik tangkapan dan jatuhan, menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Uji coba penelitian dilakukan melalui evaluasi ahli dan uji coba keseluruhan produk. Ahli yang dilibatkan meliputi pelatih pencak silat, ahli wasit juri pencak silat, dan ahli media. Uji keseluruhan produk melibatkan 36 siswa, menggunakan instrumen angket dalam pengumpulan data. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dari saran para ahli dan data kuantitatif dari calon pengguna produk. Data dianalisis dengan teknik statistika deskriptif kualitatif dan kuantitatif dalam bentuk persentase.

Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan produk termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 89,33% untuk kemenarikan produk, 91,56%  untuk kejelasan produk, 94% untuk kemudahan dipahami. Jadi Produk pengembangan variasi latihan teknik tangkapan dan jatuhan dengan menggunakan media audio visual inidinyatakan sebagai produk yang menarik dan layak digunakan untuk siswa

Kesimpulan hasil penelitian dan pengembangan bahwa variasi latihan teknik tangkapan dan jatuhan menggunakan media audio visual ini dapat digunakansebagai media yang tepat dan layak bagi pelatih, siswaekstrakurikulerpencak silat NahdlatulUlamaPagar Nusa SMK Negeri 12 Malang sebagai alternatif pembelajaran untuk menyampaikan materi dan dapat digunakan untuk umum sebagai media alternatif untuk menyampaikan materi latihan teknik tangkapan dan jatuhan.