SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Motivasi Peserta Ekstrakurikuler Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat NU Pagar Nusa Di SMK Negeri 12 Malang

Ahmad Zulfa Muzakki

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Muzakki, Ahmad Zulfa. 2016. Studi Motivasi Peserta Ekstrakurikuler Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat NU Pagar Nusa Di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (1) Drs. Agus Tomi, M.Pd, (2) Drs. Sri Purnami, M.Pd.

Kata Kunci: Motivasi, Ekstrakurikuler Pencak Silat, IPSNU Pagar Nusa, SMK

Negeri 12 Malang.

Pencak silat pada dasarnya adalah pembelaan diri dari insan Indonesia untuk menghindarkan diri dari segala mala petaka. Pencak silat dapat mempunyai pengertian dasar beladiri yang terikat pada peraturan dan digunakan dalam belajar, latihan dan pertunjukan. Salah satu masalah penting yang melanda diri setiap peserta ekstrakurikuler dan pelatih dalam proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler adalah  motivasi. Motivasi berperan penting dalam membantu menentukan berhasil tidaknya setiap individu dalam hal ini peserta ekstrakurikuler dalam proses latihan dan pertandingan. Berdasarkan hasil wawancara dengan pelatih ekstrakurikuler pencak silat NU Pagar Nusa SMK Negeri 12 Malang  yang dilakukan pada tanggal 30 Januari 2016, peserta ekstrakurikuler yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini sebanyak 36 anak dengan rincian peserta putra 18 dan putri 18, akan tetapi yang aktif hanya sekitar 10 sampai 15 anak saja. Berdasarkan hasil wawancara tersebut, motivasi peserta ekstrakurikuler dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat NU Pagar Nusa di SMK Negeri 12 Malang masih tergolong rendah.

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa SMK Negeri 12 Malang terhadap kegiatan ekstrakurikuler pencak silat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini sampel yang diambil 100% dari jumlah populasi sebanyak 36 orang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi intrinsik dan sub variabel motivasi ekstrinsik dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagian besar peserta ekstrakurikuler mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat NU Pagar Nusa di SMK Negeri 12 Malang termotivasi intrinsik sebesar 90,4%  dan termotivasi ekstrinsik sebesar 25,4%.

Dari kedua variabel motivasi intrinsik dan ekstrinsik dapat disimpulkan bahwasannya yang paling mempengaruhi motivasi peserta ekstrakurikuler pencak silat NU Pagar Nusa SMK Negeri 12 Malang adalah motivasi Intrinsik dari peserta ekstrakurikuler sendiri.