SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Pengaruh MetodePembelajaranPart-WholedanWhole-Part terhadap Hasil Belajar KeterampilanRenang Gaya Crawl Pada Siswa SMK Negeri 2 Malang

Parengga Dewa Prananta

Abstrak


ABSTRAK

Prananta, D.Parengga. 2016.Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Part-Whole dan Whole-Part terhadap Hasil Belajar Keterampilan Renang Gaya Crawl Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Asim, M.Pd, (II) Febrita P. Heynoek, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Metodepart-whole,metodewhole-part, keterampilan renang gaya crawl.

Renang gaya crawl adalah gambaran dari gaya berenang yang paling cepat dan sebagai dasar keterampilan yang akan dinilai dari seorang perenang. Dari pembelajaran renang gaya crawl terdapat komponen-komponen kegiatan yang bersifat sederhana dan kompleks. Oleh karena itu metode yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran renang gaya crawl yaitu metode part dan whole.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode part-whole dan metode whole-part terhadap hasil belajar keterampilanrenang gaya crawl siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Malang.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimendengan desain two groups matching pretest-posttest comparison. Variabelbebas yang dimanipulasikan dalam penelitian ini adalah metode part-whole dan metode whole-part terhadap hasil belajar keterampilan renang gaya crawl. Subjek penelitian dilakukan terhadap 28 siswa dengan membagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen metode part-whole berjumlah 14siswa dan kelompok eksperimen metode whole-part berjumlah 14siswa. Analisis data dari penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis varians satu jalur anava.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tiga simpulan yaitu:(1)metodepart-whole memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan renang gaya crawl siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Malang (F hitung =4,25>F tabel 4,23),(2)metode whole-part tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan renang gaya crawl siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Malang (F hitung = 2,84 3),(3) ada perbedaan pengaruh yang signifikan dari metode part-whole dengan metode whole-part terhadap keterampilan renang gaya crawl siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Malang (F hitung = 4,47> F tabel 4,23).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metodepart-whole memberikan pengaruh yang lebih baik daripada metode whole-part terhadap keterampilan renang gaya crawl di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Malang.Saran yang dapat diberikan kepada guru Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Malang, hendaknya menggunakan metode part-whole karena terbukti memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap keterampilan renang gaya crawl.