SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Keterampilan Teknik Pukulan Forehand Lob dengan Menggunakan Variasi Latihan Bagi Peserta Ekstrakurikuler Bulutangkis Di SMA Negeri 2 Blitar

Bagus Risang Permadi

Abstrak


ABSTRAK

Risang Permadi, Bagus. 2016. Meningkatkan Keterampilan Teknik Pukulan Forehand Lob dengan Menggunakan Variasi Latihan Bagi Peserta Ekstrakurikuler Bulutangkis Di SMA Negeri 2 Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: (I) Dra. Sri Purnami, M.Pd., (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: pukulan forehand lob bulutangkis, variasi latihan, ekstrakurikuler.

Untuk mencapai keterampilan teknik pukulan forehand lob yang bagus harus ada solusi atau sejenis jalan keluar untuk mengatasi masalah ini. Sehingga mengacu pada latar belakang di atas, maka penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknik pukulan forehand lob dengan menggunakan variasi latihan.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Olahraga (PTO) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Dalam proses penelitian, peneliti berkolaborasi dengan pelatih untuk menyusun program latihan selama dua siklus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi atau pengamatan. Sesuai program latihan yang telah disusun, latihan dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan pada tiap siklus dengan melibatkan jumlah peserta latihan yaitu 12 orang.

Adapun hasil peningkatan keterampilan teknik pukulan forehand lob yang terdiri dari sikap persiapan, gerakan memukul, gerakan lanjutan, dan arah bola adalah sebagai berikut pada sikap persiapan persentase benar mencapai 100% sedangkan persentase salah mencapai 0%. Pada gerakan memukul persentase benar mencapai 92,50% sedangkan persentase salah mencapai 7,50%. Pada gerakan lanjutan persentase benar mencapai 85,83% sedangkan persentase salah mencapai 14,17%. Pada arah bola persentase benar mencapai 81,67% sedangkan persentase salah mencapai 18,33%.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan teknik pukulan forehand lob peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMA Negeri 2 Blitar mengalami peningkatan setelah dilakukan latihan dengan berbagai variasi. Selain itu dapat meningkatan proses latihan yang meliputi kinerja pelatih dalam menyampaikan materi, menciptakan suasana yang menyenangkan, menumbuhkan antusias peserta, dan mengontrol jalannya latihan. Saran yang dapat diberikan yaitu penelitian ini sebagai acuan untuk menentukan program latihan yang lebih baik. Selain itu bagi pelatih agar lebih memperhatikan peserta didik ketika melaksanakan latihan agar proses latihan berlangsung dengan baik dan terkontrol sehingga materi dapat tersampaikan dengan jelas.

 

 

ABSTRACT

Risang Permadi, Bagus. 2016. Skills Forehand Lob Punch Techniques Using Exercise Variations for Extracurricular Badminton Participants at SMAN 2 Blitar. Thesis, Department of Physical Education and Health, Faculty of Sport Science, State University of Malang. Supervisor I: (I) Dra. Sri Purnami, M.Pd., (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd.

Keywords: forehand lob badminton, exercise variations, extracurricular.

To achieve the technical skills forehand lob nice there must be a kind of a solution or a way out to solve this problem. The purpose of this research is to improve the forehand lob engineering skills using a variety of exercises.

This study uses a Sports Action Research (PTO) with the quantitative and qualitative descriptive approach. This study was conducted in two stage with each stage consist of four phases: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. In this study, researchers collaborated with a coach to develop a training program for two stage with the data collection in the form of observation. Appropriate exercises program that has been prepared, the exercise is done as much as 6 meetings in each stage involving the number of trainees is 12 people.

The result of the upgrading forehand lob technical skills consisting of the preparatory stance, hitting motion, continued movement and direct ball are follow in percentage correct preparation attitude reaches 100% while the false percentage is 0%. In the hitting motion correct percentage reached 92.50% while the false percentage of reached 7.50%. In continued movement correct percentage reached 85.83% while the false percentage reached 14.17%. At the direct ball right percentage reached 81.67% while the false percentage of one reached 18.33%.

The conclusion of this analysis, is to show that the engineering forehand lob skills in extracurricular badminton participants at SMAN 2 Blitar has increased after exercise with different variations. Moreover, it can improve the training process that includes performance trainers in presenting the material, creating a pleasant atmosphere, grow enthusiastic participants, and control the practice. Advice can be given that this study as a reference to determine a better workout program. In addition the coaches for more attention to learners when carrying out training exercises that the process is going well and controlled so that the material can be conveyed clearly.