SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing bawah Permainan Bolavoli Dengan Metode Drill Pada Ekstrakurikuler permainan Bolavoli SMAN 7 Kota Malang

ahmad romza syafiuddin zuhri

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Permainan bola voli merupakan permainan yang dimainkan oleh dua tim setiap timnya terdapat enam pemain. Macam-macam teknik dasar diantarnya adalah: service, block, smash dan passing, teknik dasar passing terdiri dari teknik passing bawah dan passing atas. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti diperoleh data tingkat keberhasilan teknik dasar permainan bolavoli sebagai berikut: passing bawah 26%, passing atas 54%, smash 42%, service 75%, dan block 60%. Dari pengamatan tersebut tingkat keberhasilan untuk passing bawah sangat kurang. Perlu adanya perlakuan yang khusus atau suatu pemecahan masalah agar tingkat keberhasilan dalam melakukan passing bawah menjadi baik. Adapun solusi untuk meningkatkan keterampilan passing bawah dengan menggunakan metode drill dalam melakukan latihan passing bawah permainan bolavoli.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan passing bawah dengan menggunakan teknik latihan drill pada peserta ekstrakurikuler bola voli SMAN 7 Kota Malang.

Penelitian yang dilakukan ini merupakan jenis PTO yang berdasarkan pada PTK dengan pemberian tindakan yang lebih kreatif dan inovatif menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian Tidakan Olahraga ini menggunakan dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bolavoli SMAN 7 Kota Malang dengan jumlah 10 anak.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan pada teknik passing bawah dengan mengunakan metode drill. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan 15 kali pertemuan selama 5 minggu. Tingkat keberhasilan pada siklus 1 dengan rata-rata sebagai berikut: sikap badan 69,88%, posisi tangan 71,24%, perkenaan bola 62,63%, posisi kaki 69,3%, arah bola 63,46%, sikap akhir 62,91%. Pada siklus ke 2 tingkat keberhasilannya dengan rata-rata sebagai berikut: sikap badan 93,87%, posisi tangan 91,87%, perkenaan bola 88,74%, posisi kaki 95,20%, arah bola 89,16%, sikap akhir 95,83%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode drill yang baik dapat meningkatkan keterampilan passing bawah permainan bolavoli pada ekstrakurikuler bolavoli SMAN 7 Kota Malang.