SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL LATIHAN TERHADAP KETERAMPILAN PASSING ATAS BAGI PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMK NEGERI 2 MALANG

moh ryandra aditiya kusuma

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusuma, M, R, A. 2016. Pengaruh Model Latihan Keterampilan Passing Atas Bagi Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. M. E. Winarno, M. Pd, (2) Usman Wahyudi, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: permainan bolavoli, model latihan, keterampilan passing atas bolavoli.

Permainan bolavoli merupakan suatu permainan yang komplek yang tidak mudah dilakukan oleh setiap orang. Sebab, dalam permainan bolavoli membutuhkan kordinasi gerak yang benar-benar yang bisa diandalkan untuk melakukan semua gerakan yang ada dalam permainan bolavoli.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model latihan terhadap keterampilan passing atas bagi peserta ekstrakurikuler bolavoli SMK Negeri 2 Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen murni (rancangan pretest dan posttest dengan pemilihan kelompok yang diacak). Sampel penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bolavoli sebanyak 24 peserta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes keterampilan passing atas bolavoli ke tembok dari Brady. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Malang, dan berlangsung pada Bulan September sampai Oktober 2016.

Hasil penelitian pada tes akhir (posttest) kelompok model latihan massed practice dan kelompok model latihan distributed practice menggunakan analisis varian satu jalur, terdapat hasil sig < α (0,000