SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan Pengenalan Air Dalam Pembelajaran Renang Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Avi Ahmad Zazuli

Abstrak


ABSTRAK

Zazuli, Avi Ahmad. 2016. Pengembangan Permainan Pengenalan Air Dalam Pembelajaran Renang Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd (II) Febrita P. Heynoek, S.Pd., M.Pd

Kata kunci: Pengembangan, Permainan pengenalan air, pembelajaran renang, Kelas 1

Renang merupakan olahraga yang dikenal sudah sejak lama dan banyak memberikan manfaat baik secara fisik maupun emosional. Manfaat renang tersebut adalah untuk keselamatan diri, meningkatkan kebugaran jasmani, rehabilitas, dan prestasi. Berdasarkan pengamatan peneliti di Sekolah Dasar Anak Saleh sekitar 9 siswa takut masuk kedalam air pada saat pembelajaran renang, hal ini dikarenakan  siswa takut tenggelam dalam air. Berdasarkan pengamatan peneliti tersebut, maka perlu dikembangkan pembelajaran pengenalan air dengan menggunakan permainan yang mudah, aman,dan menyenangkan untuk membantu siswa dalam belajar renang dengan tidak ada rasa takut yaitu dengan permainan pengenalan air.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkanpermainan pengenalan air dalam pembelajaran renang siswa kelas 1 Sekolah Dasar yang diharapkan siswa dapat membedakan berjalan di air dan di darat, tidak memiliki rasa takut, senang bernain di air, dapat bernapas di air, meluncur dalam keadaan streamline, dan dapat melakukan awalan sebelum meluncur.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall, peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah yang meliputi: (1) pengumpulan informasi, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi I rancangan produk, (5) uji coba tahap I, (6) revisi II dan uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir.

Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil adalah 91,42%hasilnya sangat valid, sedangkan uji coba kelompok besar adalah 89,21% hasilnya sangat valid, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan pengenalan air dalam pembelajaran renang siswa kelas 1 Sekolah Dasar dapat digunakan.

 Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan permainan pengenalan air dalam  pembelajaran renang siswa kelas 1 Sekolah Dasar adalah mudah, aman, dan menyenangkan untuk dilakukan oleh siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Saran pemanfaatan dalam menggunakan produk ini siswa dalam melakukan permainan didampingi oleh guru, peraturan permainan harus disampaikan dengan jelas agar dapat menggunakan permainan pengenalan air dengan mudah,aman dan menyenangkan.

ABSTRACT

Zazuli, Avi Ahmad. 2016. The Development of Water Introduction Game in SwimmingLearning 1st Grade Primary School. Thesis, Department of Physical Education andHealth, Faculty of Sport Science, State University of Malang. Supervisor: (I) Drs.Tatok Sugiarto, S.Pd., M. Pd, (II) Febrita P. Heynoek, S.Pd., M.Pd

Keywords:Development, water introduction game, swimming learning, 1st grade

Swimming is a sport that has long been known and have many benefits both physically and emotionally. The Benefits of swimming are for the safety of themselves, improve physical fitness, rehabilitation, and achievement. Based on researcher observations at primary school Anak Saleh, therewere still nine students who afraid to get into the pool at swimming learning, it was caused students werefearedto drowning in the water. Based on that, it was necessary to develop water introduction learning to use a simple, safe, and fun game to help students learn to swim with no fear with water introduction game.

This Research and development objective was to develop the water introduction game in swimming learning 1st grade primary school.Students wereexpected to be able to distinguish walking on water and on land, have no fear, happy to playing inthe water, can breathe in the water, gliding in a state of streamlined, and can do a prefix before sliding.

The method used in this study refers to the development model of Borg and Gall research and development. From the ten development measures proposed by Borg and Gall, researcher did not use a whole steps but only using seven steps include: (1) collecting information, (2) designing the initial product, (3) evaluating of experts, (4) revising of the first draft of products, (5) phase I of trial, (6) revisions II and phase II of trial, (7) revising and final product.

Based on data analysis that obtained from small group trial, 91.42% result was very valid, while a large group trial, 89.21% result was very valid.Thus, it could be concluded that the water introduction game in swimming learning 1stgrade primary school could be used. The conclusion of this research and developmentwaswater introduction game waseasy, safe, and fun to be done by students in 1stgrade primary school. Suggestionsfor using this product are the students should beaccompanied by teachers in this game, game rules should be communicated clearly to be able to use the water introduction game that easy, safe and fun.