SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Akurasi Pukulan Lob Dengan Metode Drill Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Bulutangkis SMA Negeri 8 Malang

Khoiruz Zulfa

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

 

Zulfa, Khoiruz. 2016. Upaya Meningkatkan Akurasi Pukulan Lob Dengan Metode Drill Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Bulutangkis SMA Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd., (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata Kunci: peningkatan, pukulan lob, bulutangkis, drill

Dalam permainan bulutangkis terdapat beberapa teknik pukulan yang harus dikuasai oleh seorang atlet, diantaranya: service, smash, lob, netting, dropshot, dan drive. Pukulan lob dapat dilakukan dari bawah dan atas kepala, baik dengan backhand maupun forehand, tergantung datangnya arah shuttlecock. Pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis SMA Negeri 8 Malang menunjukkan adanya masalah yaitu, kurangnya keterampilan pukulan lob dibandingkan dengan keterampilan teknik yang lain, hal tersebut dikarenakan belum ada metode latihan khusus pukulan lob. Adapun solusi untuk meningkatkan keterampilan pukulan lob adalah dengan menggunakan metode drill.

Tujuan penelitian tindakan olahraga ini adalah untuk meningkatkan akurasi pukulan lob dengan metode drill pada peserta kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis SMA Negeri 8 Malang. Adapun yang dimaksud dengan akurasi pukulan lob adalah kemampuan peserta untuk mengembalikan shuttlecock yang bergerak bebas dengan pukulan lob, mengarahkan, serta menempatkan secara tepat ke daerah sasaran.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan olahraga (PTO) yang didasarkan pada penelitian tindakan kelas dengan pendekatan diskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis SMA Negeri 8 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan), tes, dan analisis data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui teknik pukulan lob dengan menggunakan metode drill, mampu meningkatkan akurasi pukulan lob peserta dari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan peserta dalam melakukan akurasi pukulan lob setelah diberikan tindakan pada siklus 1 selama 3 pertemuan dan siklus 2 selama 3 pertemuan. Hasilnya sebagai berikut: pada akhir siklus 1 dari aspek gerakan awal 77,78%, gerakan saat memukul 68,06%, gerakan akhir 62,04%, dan akurasi arah shuttlecock 56,94%. Pada akhir siklus 2 dari aspek gerakan awal 97,08%, gerakan saat memukul 93,75%, gerakan akhir 84,17%, dan akurasi arah shuttlecock 78,33%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode drill yang baik, dapat meningkatkan akurasi pukulan lob pada peserta kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis SMAN 8 Malang dengan persentase keberhasilan yang tergolong sangat baik.