SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Motivasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Memilih Program Matakuliah Pilihan Kepelatihan Renang Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang Tahun 2009

Satria Adi Murdani

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Murdani, Satria Adi. Januari 2010. Motivasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Memilih Program Matakuliah Pilihan Kepelatihan Renang Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang Tahun 2009. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: motivasi, kepelatihan renang.

 

Kepelatihan renang merupakan salah satu matakuliah pilihan terdiri 3 sks dan 6 js, yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk prasyarat kelulusan di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas  Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji motivasi mahasiswa yang memilih program matakuliah kepelatihan dalam mengikuti kepelatihan renang di Kolam Renang Lembah Dieng dan Kolam Renang Jasdam sebagai salah satu kolam renang yang dipergunakan untuk perkuliahan T&P renang 1 dan 2 maupun kepelatihan renang Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

            Populasi Penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Memilih Program Matakuliah Pilihan Kepelatihan Renang Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang Angkatan 2006 tahun 2009, tetapi yang di ambil sampel hanya 30 orang.

            Hasil penelitian 48,08% mahasiswa kepelatihan renang  termotivasi secara intrinsik, 29,42% termotivasi secara ekstrinsik, dan 22,5% termotivasi secara intrinsik dan ekstrinsik dalam mengikuti kepelatihan renang Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

            Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa yang mengambil kepelatihan renang di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang tahun 2009 termotivasi secara intrinsik. Peneliti menyarankan agar (1) Mahasiswa yang menempuh kepelatihan renang harus sesuai dengan bidang dan kemampuannya. (2) Hasil penelitian ini, diharapkan bisa menjadi acuan bagi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang dalam memberikan bekal dan keterampilan pada mahasiswa secara efektif dan efisien cabang olahraga renang setelah lulus dari Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. (3) Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, diharapkan ada peneliti lain yang mengadakan pengamatan lebih lanjut dengan menambah variabel dan indikator pernyataan serta jumlah sampel penelitian dan dilakukan uji perbandingan hasil dengan penelitian ini.