SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Variasi Permainan Bola Kecil Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Siswa Kelas IV di SD Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang

Gde Nugrah pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratama, Gde Nugrah. 2016. Pengembangan Model Variasi Permainan Bola Kecil Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Siswa Kelas IV di SD Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd, (2) Fahrial Amiq, S.Or, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, pembelajaran, permainan, bola kecil.

Pendidikan Jasmani merupakan bagian dari pendidikan yang bersifat formal maupun non formal yang bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak dan tindakan moral. Kegiatan bermain merupakan aktivitas menyenangkan, meskipun bukanlah berarti pendidikan jasmani, akan tetapi dalam bermain ditemukan nilai-nilai yang bermanfaat bagi pendidikan anak. Berdasarkan hasil observasi melalui wawancara guru pendidikan jasmani dan penyebaran angket oleh 32 siswa, diperoleh data 85,93% siswa mengalami kesulitan pada pembelajaran bola kecil dan 100% siswa menyatakan perlu adanya model variasi permainan modifikasi pada pembelajaran materi bola kecil.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan model pembelajaran bola kecil dengan menggunakan penerapan variasi permainan bagi siswa kelas IV di SD Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang yang dikemas ke dalam bentuk sebuah buku panduan.

Penelitian ini menggunakan metode pengembangan penelitian research and development Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah. Berdasarkan metode Borg & Gall, peneliti tidak menggunakan langkah keseluruhan, tetapi hanya memakai 7 langkah menurut Wayan Ardhana yang disesuaikan dengan keterbatasan peneliti serta karakteristik yang akan diteliti.

Pada hasil evaluasi ahli permainan diperoleh hasil 84,28%, dari evaluasi ahli pembelajaran pendidikan jasmani diperoleh hasil 85%, dan dari evaluasi ahli media diperoleh hasil 76,92% sehingga produk ini perlu direvisi sebelum berlanjut ke uji coba kelompok kecil. Pada uji coba kelompok kecil dengan 8 subjek diperoleh hasil 86,25% sehingga produk ini perlu direvisi pada bagian-bagian tertentu sebelum berlanjut ke uji coba kelompok besar, pada uji coba kelompok besar dengan 24 subjek diperoleh hasil 89,72% sehingga disimpulkan jika produk ini sudah layak untuk digunakan oleh siswa kelas IV di SD Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang.

Dengan adanya pengembangan model variasi permainan bola kecil dalam pembelajaran pendidikan jasmani untuk siswa kelas IV di SD Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang diharapkan dapat meningkatkan motivasi, menarik minat, dan mempermudah siswa dalam mengikuti pembelajaran.