SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN LATIHAN TAEKWONDO DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK EKSTRAKURIKULER TAEKWONDO DI SMA KABUPATEN TULUNGAGUNG

Wahid Setianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Setianto, Wahid Rohmat. 2015. Pengembangan Latihan Taekwondo Dengan Media Audio Visual Untuk Ekstrakurikuler Taekwondo Di SMA Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: latihan taekwondo, audio-visual, ekstrakurikuler

Berdasarkan observasi yang dilakukan pada tanggal 31 desember 2014 di 3 SMA Kabupaten Tulungagung yaitu SMAN 1 Pakel, SMAN 1 Kauman, dan SMAN 1 Boyolangu. Hasil wawancara yang dilakukan pada tiga orang pelatih taekwondo di tiga SMA yang tersebut disimpulkan bahwa peserta latihan Taekwondo adalah anak-anak yang berpotensi, tetapi ditemukan permasalahan peserta kegiatan Taekwondo kesulitan memahami konsep-konsep dasar yang ada dalam Taekwondo, mulai dari teknik dasar, filosofi sabuk dan gerakan. Peserta mudah lupa dengan materi latihan, dikarenakan latihan hanya diadakan dua kali dalam seminggu. belum adanya media untuk membantu mereka mempelajari materi latihan Taekwondo di rumah mereka masing-masing diluar latihan ekstrakurikuler.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan latihan taekwondo berbasis media audio visual untuk ekstrakurikuler taekwondo di SMA sehingga potensi peserta latihan dapat dikembangkan secara maksimal. Diharapkan dengan adanya pengembangan ini dapat menjadi solusi untuk melatih peserta menjadi lebih mudah dalam berlatih taekwondo. Penelitian yang dilaksanakan pada kegiatan ekstrakurikuler Taekwondo SMA Kabupaten Tulungagung ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg And Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner.

Hasil pengembangan dari produk ini latihan teknik dasar taekwondo dengan media audio-visual yang dikemas dalam bentuk VCD dan disertai buku panduan pelaksanaan. Berdasarkan uji coba kelompok kecil pada 6 peserta latihan dari 3 SMA berbeda diperoleh persentase 86,2% yang berarti produk sangat valid sehingga produk dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan pada uji coba kelompok besar pada 38 peserta latihan dari 3 SMA diperoleh persentase 89,36% yang berarti produk sangat valid sehingga produk dapat digunakan tanpa revisi pada latihan di Ekstrakurikuler Taekwondo di SMA. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan latihan taekwondo dengan media audio-visual untuk ekstrakurikuler taekwondo di SMA Kabupaten Tulungagung dapat dipergunakan bagi peserta latihan ekstrakurikuler taekwondo karena mudah dilakukan, produk yang dihasilkan menarik minat peserta untuk mempelajari teknik dasar taekwondo dan nilai-nilai filosofi dalam taekwondo.