SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Komparatif Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Laki-Laki Kelas 4, 5, dan 6 di SDN Mojolangu 04 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Agung Fadlillah

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang. Peran pendidikan jasmani menjadi sangat sentral bukan hanya sebagai mata pelajaran tetapi juga sebagai sarana untuk menjaga tingkat kebugaran peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbandingan tingkat kebugaran jasmani peserta didik laki-laki kelas 4 dan 5 (2) perbandingan tingkat kebugaran jasmani peserta didik laki-laki kelas 4 dan 6 (3) perbandingan tingkat kebugaran jasmani peserta didik laki-laki kelas 5 dan 6 di SDN Mojolangu 04 Kota Malang.

Rancangan penelitian yang dipakai adalah rancangan survei. Penelitian ini termasuk penelitian causal comparative. Variabel yang diteliti meliputi variabel tergantung berupa perbedaan tingkat kebugaran jasmani antara siswa kelas 4, 5 dan 6 di SDN Mojolangu 04 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistika inferensial berupa Uji-t, secara keseluruhan tingkat Kebugaran Jasmani antara peserta didik kelas 4, 5, dan 6 terdapat perbedaan yang signifikaan antara kelas 4 dan 5, kelas 4 dan 6 maupun kelas 5 dan kelas 6 SDN Mojolangu 04 kota Malang ditinjau dari hasil rata-rata t hitung kelas 4   = 139.8462, kelas 5  = 139.8462, dan kelas 6 = 176.

Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji t, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan tingkat kebugaran jasmani peserta didik laki-laki kelas kelas 4, 5 dan 6. Kelompok kelas 6 mempunyai tingkat kebugaran jasmani lebih tinggi dibandingkan kelas 4 dan kelas 5 SDN Mojolangu 04 Kota Malang. Diharapkan kepada semua guru pendidikan jasmani agar mengetahui status kebugaran jasmani peserta didiknya,  diperhatikan dan ditingkatkan terutama pada Sekolah Dasar. Dimana peran guru pendidikan jasmani sangat berpengaruh dalam pembentukan status kebugaran jasmani melalui pembelajaran yang di lakukan.