SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model LatihanPassing Atas Peserta Ekstrakurikuler Permainan Bolavoli Di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang

Satria Dewantara

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewantara, Satria. 2015. Pengembangan Model LatihanPassing Atas Peserta Ekstrakurikuler Permainan Bolavoli Di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang.Skripsi, JurusanPendidikanPendidikanJasmanidanKesehatan, FakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (1) Drs. Agus Tomi, M.Pd. (II) Usman Wahyudi, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Latihanpassing atas permainan bolavoli

Berdasarkananalisiskebutuhan yang dilakukandiketahui66% atau19pesertamerasa kesulitan dalam pembelajaran passing atas permainan bolavoli. 80% atau 24peserta menjawab bahwa model latihan passing bawah lebih banyak diberikan daripada latihan passing atas.60% atau18peserta menjawab variasi model latihan passing atas yang diberikan pelatihmembuat peserta bosan. 93% peserta memerlukan model latihan passing atas yang bervariasi. Pelatihekstrakurikulerjugasangatsetujujikadiadakanpengembanganmodel latihanpassing atas peserta ekstrakurikuler permainan bolavoli di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang.

Penelitianinibertujuanuntukmenemukanjalankeluardaripermasalahan yang adayaitudenganmengembangkan model latihanpassing atas peserta ekstrakurikuler permainan bolavoli di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang.Diharapkan, pengembanganinidapatmenjadisolusidalamlatihan agar siswalebihantusiasdanbersemangatdalamlatihan.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall (1983:775)terdapat 10 langkah, akan tetapi peneliti menggunakan 8 langkah disesuaikan dengan penelitian yang dilaksanakan yaitu: (1) Melakukan penelitian awal dan pengumpulan informasi(2)Perencanaan(3) Mengembangkan produk awal (4) Uji coba kelompok kecil (5) Revisi produk awal (6) Uji coba kelompok besar (7) Revisi produk berdasarkan uji coba lapangan (8)Produkakhirberupamodel latihanpassing atas peserta ekstrakurikuler permainan bolavoli di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang dalam bentuk buku panduan.Dalampenelitianinisubjek yang digunakan sebanyak 30 orang.Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisiskualitatifdankuantitatifberupapersentase.

Model latihaninidikembangkanmelalui saran danevaluasiparaahlisertaujicobalapangan, yaitu 1 ahlikepelatihan permainan bolavolidan 1 ahlimedia.Hasilujicobakelompokkecilyaitu76% danujicobakelompokbesar77% ituberartiproduk yang dibuatmasukdalamkategoribaikdan model latihanpassing atas permainan bolavolilayakdanbisadigunakanolehpesertasertapelatih di ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang.

Kesimpulan dan saran dari penelitian ini yaitu: (1) Hasil akhir dari penelitian dan pengembangan ini adalah berupa buku panduan model latihan passing atas (2) Pengembangan model latihan ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan passing atas permainan bolavoli(3) Model latihan passing atas permainan bolavolidikemas dalam bentuk buku panduan (4) Saran untuk penelitian lebih lanjut agar sasaran penelitian tidak terbatas pada satu sekolah yaitu SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang saja tapi juga sekolah-sekolah lain.