SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLAVOLI MELALUI MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SINGOSARI

Windaring Raka Siwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Siwi, Windaring R. 2015. Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Passing Bawah PermainanBolavoli Melalui Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Singosari. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. E. Winarno, M. Pd, (2) Febrita Paulina Heynoek, S. Pd., M. Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, passing bawah bolavoli, multimedia

Pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan melalui aktivitas jasmani untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat serta sikap sportif. Berdasarkan hasil observasi awal yang berupa wawancara langsung terhadap guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dan penyebaran angket kepada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singosari diperoleh hasil bahwa penyampaian materi praktik teknik dasar passing bawah bolavoli dari guru pendidikan jasmani dan kesehatan membuat siswa menjadi bosan mengikuti pembelajaran dikarenakan kurang adanya variasi media pembelajaran dan 32 siswa dalam satu kelas banyak mengalami kesulitan saat mempraktikkan teknik dasar passing bawah bolavoli. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang menarik untuk menambah minat belajar siswa dan dibutuhkan variasi pembelajaran agar siswa mudah memahami dan mudah untuk mempraktikkan teknik dasar passing bawah bolavoli.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran baru berupa multimedia interaktif pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli yang diharapkan mampu membuat siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran dan menjadikan siswa mampu menguasai materi.

Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian prosedural Borg&Gall. Pada penelitian pengembangan pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli ada beberapa tahap, diantaranya: 1) analisis kebutuhan, 2) membuat produk awal, 3) evaluasi ahli, 4) uji coba kelompok kecil, 5) revisi produk, 6) uji coba kelompok besar, 7) revisi produk akhir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan deskriptif dengan persentase.

Berdasarkan pengumpulan data diperoleh hasil sebagai berikut: 1) validasi ahli pembelajaran pendidikan jasmani diperoleh hasil 95,19% sehingga produk dinyatakan valid dan dapat digunakan, 2) validasi ahli permainan bolavoli diperoleh hasil 77,94% sehingga produk dinyatakan valid dan dapat digunakan, 3) validasi ahli media diperoleh hasil 75% sehingga produk dinyatakan valid dan dapat digunakan, 4) uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 86,82% sehingga produk dinyatakan valid dan dapat digunakan tanpa revisi, 5) uji coba kelompok besar diperoleh hasil 87,14% sehingga produk dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif.