SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan model latihan block permainan bolavoli pada kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 6 Malang

thedy anda wahyuda

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuda, Thedy A. 2015. Pengembangan Model Latihan Block Permainan Bolavoli Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M. E. Winarno, M.Pd, (II) Drs. Agus Tomi, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, model latihan, block, permainan bolavoli.

Permainan bolavoli adalah olahraga beregu yang dimainkan oleh dua regu, setiap regu terdiri dari enam orang pemain. teknik dasar bermain bolavoli dibagi menjadi empat macam yaitu teknik service, passing, smash, dan block. Teknik block dalam permainan bolavoli digunakan untuk membendung/menahan serangan yang dilakukan oleh lawan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada peserta kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 6 Malang, latihan block merupakan kebutuhan sampingan bahkan tidak pernah diberikan dalam latihan. Pelatih hanya mengutamakan passing, service, dan smash.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah produk yaitu model latihan block permainan bolavoli pada kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 6 Malang.

Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan prosedural dengan langkah-langkah yang merujuk pada Borg and Gall (1983:775) yang terdiri dari 10 langkah, namun penelitian ini hanya menggunakan 7 langkah diantaranya adalah: (1) analisis kebutuhan, (2) membuat produk awal yaitu, pembuatan model latihan block permainan bolavoli dengan 7 model formasi latihan yang akan diberikan, (3) evaluasi ahli, (4) revisi produk, (5) uji coba produk, (6) uji lapangan, dan (7) hasil akhir. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Desain uji coba menggunakan dua tahap yaitu tahap evaluasi ahli yakni ahli permainan bolavoli, ahli media dan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.

Hasil penelitian dan pengembangan ditemukan 91,96% ahli permainan bolavoli dan 75% ahli media serta dari hasil uji coba kelompok kecil sebesar 85,47% dan uji coba kelompok besar sebesar 87,34%.

Kesimpulan dari produk ini valid dan praktis digunakan untuk latihan block permainan bolavoli pada kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 6 Malang. Saran penelitian adalah produk model latihan block permainan bolavoli ini dapat dijadikan salah satu alternatif latihan permainan bolavoli, latihan lebih bervariasi dan latihan lebih menarik