SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Kecepatan Fastbreak Pada Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar

Tri Yasworo

Abstrak


ABSTRAK

 

Yasworo, Tri. 2015. Pengembangan Model Latihan Kecepatan Fastbreak Pada Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang: (1) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes (2) Usman Wahyudi, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci: penelitian dan pengembangan, fastbreak, latihan kecepatan, ekstrakurikuler bolabasket

 

Data yang diperoleh dari analisis kebutuhan sebagai dasar penelitian ini  adalah 89% siswa perlu model latihan fastbreak guna meningkatkan keterampilan dalam bermain bolabasket, 87% siswa sulit melakukan model latihan fastbreak, 89% siswa setuju jika model latihan fastbreak  lebih bervariasi, 100% siswa setuju jika latihan fastbreak menggunakan metode latihan kecepatan. Keterampilan fastbreak diperlukan bagi siswa peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 1 Srengat untuk meningkatkan variasi serangan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan suatu bentuk model latihan kecepatan fastbreak pada peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar yang dikemas dalam sebuah buku. Pemilihan buku sebagai media memiliki tujuan untuk memudahkan peserta ekstrakurikuler bolabasket dalam memahami materi yang akan dipakai dalam berlatih dan meningkatkan kecepatan dalam melakukan fastbreak.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall (1983:775) yang dimodifikasi, langkah-langkah tersebut adalah: (1) riset dan pengumpulan data informasi, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi produk, (5) uji coba kelompok kecil, (6) revisi produk, (7) uji coba kelompok besar, (8) revisi produk, (9) hasil akhir produk pengembangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase.

Produk pengembangan yang dihasilkan adalah model latihan yang dikemas dalam bentuk buku model latihan kecepatan fastbreak pada peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar. Buku ini berisi 6 model latihan yang terdiri dari Model latihan fastbreak running without ball, Model latihan fastbreak running with ball half court, Model latihan fastbreak running with ball full court, Model latihan fastbreak complete finishing, Model latihan fastbreak take the ball dan Model latihan fastbreak triangle pass. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil sejumlah 10 peserta, diperoleh persentase dengan rata-rata 88%. Dari uji coba kelompok besar sejumlah 30 peserta diperoleh persentase dengan rata-rata 91%.

Sehingga, pengembangan model latihan fastbreak pada peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar ini memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan pada latihan fastbreak bolabasket di ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar. Hasil pengembangan ini diharapkan dapat diuji cobakan pada kelompok yang lebih luas dan disosialisasikan sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.