SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Variasi Latihan Service Atas untuk Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli di SMK Negeri 4 Malang

Pinton Setya Mustafa

Abstrak


ABSTRAK

 

Mustafa, Pinton Setya. 2015. Pengembangan Variasi Latihan Service Atas untuk Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli di SMK Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd, (II) Dr. Asim, M.Pd

 

Kata Kunci: variasi latihan, service atas, ekstrakurikuler bolavoli

 

Permainan bolavoli merupakan suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu masing-masing regu terdiri dari enam orang dengan tujuan untuk menjatuhkan bola ke daerah lawan melewati atas net, dengan cara bermain yang diatur dalam peraturan tertentu. Dalam memulai permainan bolavoli maka diperlukan teknik service. Service atas adalah salah satu jenis service dengan teknik memukul bola dengan satu tangan dan perkenaan bola dengan tangan berada di atas depan kepala. Oleh karena itu kualitas service atas perlu diperhatikan dengan cara dilatih dengan baik.

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMK Negeri 4 Malang mulai tanggal 13 September 2014. Proses latihan service atas hanya dilakukan dengan cara service atas berulang-ulang di belakang garis akhir lapangan permainan bolavoli. Selain itu berdasarkan wawancara dari pelatih selama ini proses latihan service atas hanya menggunakan drill dan latihan kekuatan saja. Di samping itu berdasarkan penyebaran kuesioner kepada 36 peserta ekstrakurikuler tersebut diperoleh bahwa pelatih hanya memberikan satu jenis variasi latihan saja untuk materi service atas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan variasi latihan service atas dalam permainan bolavoli untuk peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMK Negeri 4 Malang.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model prosedural dari Borg and Gall (1983:775) yang dimodifikasi dari 10 langkah menjadi 7 langkah, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) pembuatan produk awal, (3) evaluasi para ahli yang terdiri dari ahli kepelatihan bolavoli dan ahli permainan bolavoli, (4) uji coba kelompok kecil (6 subjek), (5) revisi produk, (6) uji coba kelompok besar (30 subjek), (7) revisi produk akhir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner terbuka dan tertutup. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif deskriptif persentase.

Produk pengembangan variasi latihan service atas ini valid dan praktis digunakan untuk peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMK Negeri 4 Malang. Produk pengembangan ini terdiri dari 9 spesifikasi produk, yaitu: (1) lempar tangkap bola satu tangan dengan jarak ± 6 meter dari net, (2) melambungkan bola secara vertikal ke atas depan kepala, (3) memukul bola dengan dipegang teman, (4) service atas mengarahkan ke lantai, (5) service atas dengan jarak ± 6 meter dari net, (6) service atas dengan diarahkan lurus, (7) service atas dengan diarahkan menyilang, (8) service atas dengan diarahkan ke sasaran teman, (9) service atas dengan berusaha menjatuhkan bola ke daerah lawan.

Saran untuk penyebaran produk pengembangan lebih luas hendaknya perlu direvisi kembali dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Dengan demikian produk pengembangan dapat diterapkan sesuai dengan kebutuhan yang ada di lapangan.