SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Senam Kebugaran Jasmani Dengan Kombinasi Senam Aerobic (Low-Impact) Untuk Lansia Pada Anggota Senam Tera Ranting Gadang Kecamatan Sukun Kota Malang

Irma Mei Masfufah

Abstrak


Abstrak

 

Masfufa, Irma M. 2015. Pengembangan Senam Kebugaran Jasmani Dengan Kombinasi Senam Aerobic (Low-Impact) Untuk Lansia Pada Anggota Senam Tera Ranting Gadang Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, senam kebugaran, senaam aerobic (low impact), Olahraga Lansia.

 

Senam kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan aktivitas senam dengan iringan musik dalam keadaan yang sehat baik mental maupun fisik. Peminat dari senam Kebugaran adalah kebanyakan dari kaum ibu-ibu yang sudah berumur (lansia) karena agar memiliki tubuh yang sehat dan indah. Senam Kebugaran yang sering diikuti ibu-ibu sangat monoton dan membosankan, selain itu ibu-ibu yang sudah berumur memiliki daya ingat yang menurun dan sulit untuk menghafal gerakan-gerakan yang diajarkan instruktur jika akan melakukan sendiri di rumah. Untuk itu perlu variasi sedikit untuk senam kebugaran jasmani ini dalam bentuk VCD sebagai panduan belajar.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah membuat model Gerakan Senam Kebugaran Jasmani Kombinasi Senam Aerobik Low Impact di Perkumpulan Senam Tera Ranting Gadang Kota Malang serta menambah variasi latihan agar dapat mempermudah proses latihan yang dikemas dalam bentuk VCD.

Penelitian yang dilaksanakan di Perkumpulan Senam Tera Ranting Gadang Kota Malang ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian pengembangan ini teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan analisis yang digunakan adalah persentase.

Hasil pengembangan Senam Kebugaran kombinasi Senam Aerobic (Low Impact) memenuhi kriteria sangat valid untuk kebugaran jasmani memperoleh 85%, memenuhi kriteria sangat valid untuk senam aerobic memperoleh 90,00%, memenuhi kriteria sangat valid untuk ahli media memperoleh 78,57%, memenuhi kriteria sangat valid untuk uji kelompok kecil memperoleh 89,23%, memenuhi kriteria sangat valid untuk uji coba kelompok besar memperoleh 89,84%.

Untuk perbaikan pengembangan Senam Kebugaran Jasmani Kombinasi Senam Aerobic (Low Impact) diharapkan ada peneliti lain yang menindak lanjuti tentang keefektifaanya agar dapat lebih bermanfaat dan diharapkan dapat disosialisasikan di perkumpulan-perkumpulan lainnya.