SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Menggunakan Metode Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas III C SDN Krian 3 Kabupaten Sidoarjo

Ikee Proklamasi Agustini

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustini, Ikee Proklamasi.  2015. Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Menggunakan Metode Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas III C SDN Krian 3 Kabupaten Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Tomi, M.Pd, (II) I Nengah Sudjana, S.Pd.,M.Pd.

 

Kata kunci: gerak dasar lokomotor, metode bermain, pendidikan jasmani

 

Berdasarkan observasi awal dengan melakukan wawancara terhadap kepala sekolah, guru dan siswa kelas III C serta melakukan pengamatan pada saat pembelajaran pendidikan jasmani sedang berlangsung di SDN Krian 3 Kabupaten Sidoarjo ditemukan masalah bahwa pembelajaran pendidikan jasmani mengalami kendala dalam proses belajar mengajar diakibatkan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah kurang memadai. Terdapat 20 siswa (47,62%) dari 42 siswa (100%) memiliki masalah dalam mengikuti proses pembelajaran karena mengaku bosan terhadap pelajaran pendidikan jasmani sehingga siswa mengalami kesulitan dalam meningkatkan keterampilan gerak dasarnya.

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah tersebut dengan menerapkan metode pembelajaran yang menarik untuk siswa yaitu menggunakan metode bermain.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mempunyai untuk memberikan solusi untuk permasalahan dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran agar mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus dalam penerapannya. Penelitian dilakukan di SDN Krian 3 Kabupaten Sidoarjo pada siswa kelas III C yang berjumlah 42 siswa dari tanggal 15 April 2015 sampai 6 Mei 2015.

Penerapan siklus 1 pada pertemuan pertama mendapatkan hasil ketuntasan dari pre-test dan post-test sebesar 57% dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua dengan mendapatkan hasil pencapaian ketuntasan sebesar 76% serta dengan hasil persentase sebesar 90% dari pre-test pada pertemuan ketiga. Hasil presentase ketuntasan mengalami peningkatan pada post-test dari perlakuan tindakan siklus 2 dan mendapatkan hasil persentase sebesar 97%. Dengan hasil dari penerapan 2 siklus pada penelitian ini maka terbukti bahwa metode bermain dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar lokomotor siswa kelas III C di SDN Krian 3 Kabupaten Sidoarjo.

Penelitian yang telah dilaksanakan ini diharapkan mampu memberi inovasi baru dalam penerapan metode belajar bagi guru, menjadi panduan belajar bagi siswa dan menjadi tolak ukur untuk bisa segera diperbaiki kekurangan-kekurangan dalam penerapannya bagi peneliti.