SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website pada Materi Kebugaran Jasmani di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang

Reynald Bestarianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Bestarianto, Reynald. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website pada Materi Kebugaran Jasmani di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes., (II) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, website, kebugaran jasmani.

 

Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas keseharian tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dan masih mempunyai cadangan sisa tenaga untuk melakukan aktivitas yang lain. Analisa yang dilakukan peneliti kepada 24 siswa SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang melalui penyebaran angket secara acak, terungkap 79,17% menyatakan sedikit memahami materi yang telah diberikan, 62,5% menyatakan bahwa guru belum pernah menggunakan media pembelajaran dalam penyampaian teori. Untuk meningkatkan pemahaman siswa dari materi yang disampaikan, maka media pembelajaran berbasis website harus diberikan untuk memudahkan serta mengefektifkan penyampaian materi kebugaran jasmani.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kebugaran jasmani berbasis website sebagai media belajar yang layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang. Produk tersebut akan dikemas dalam bentuk website online.

Metode penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model prosedural atau model pengembangan research and development dari Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah penelitian, namun peneliti hanya menggunakan 7 langkah yaitu: (1) analisis produk yang dikembangkan, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi para ahli, (4) ujicoba kelompok kecil, (5) revisi produk, (6) ujicoba kelompok besar dan revisi produk akhir, (7) hasil produk akhir pengembangan.

Berdasarkan hasil dari ujicoba kelompok kecil dari 10 peserta ujicoba adalah 83% hasilnya cukup valid, sedangkan hasil dari ujicoba kelompok besar dari 36 peserta ujicoba adalah 86,11% hasilnya sangat valid dan disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website pada materi kebugaran jasmani di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang dapat digunakan. Produk yang dihasilkan berupa website online, dengan tampilan menu home, submenu materi kelas X, XI dan XII, menu forum, chatting, kuis dan video.

Kesimpulan penelitian ini meliputi (1) hasil akhir dari penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran yang berbasis website pada materi kebugaran jasmani, (2) media pembelajaran yang berbasis website pada materi kebugaran jasmani dapat dimanfaatkan untuk siswa kelas X, XI, dan XII SMK/SMA. Saran penelitian ini meliputi (1) sebelum digunakan dalam lingkup masal atau lebih luas lagi, hendaknya dilakukan pengkajian ulang tentang SKKD yang digunakan secara nasional, (2) sebaiknya dalam penelitian pengembangan dilakukan pada subjek yang lebih luas lagi, misalnya secara nasional.