SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Kecepatan dan Kelincahan terhadap Peningkatan Keterampilan Dribbling Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMA Negeri 8 Malang

Arif Rahmat Hidayatulloh

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayatulloh, Arif Rahmat. 2015. Pengaruh Latihan Kecepatan dan Kelincahan   terhadap Peningkatan Keterampilan Dribbling Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMA Negeri 8 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd, (II) Fahrial Amiq, S.Or, M.Pd

 

Kata kunci: Latihan kecepatan dan kelincahan, keterampilan dribbling.

 

Dribbling merupakan salah satu teknik dasar yang memiliki peranan penting dalam permainan sepakbola. Berdasarkan observasi dan pengamatan di ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 8 Malang, pada saat bertanding maupun pada saat latihan, peneliti menemukan bahwa kurangnya kemampuan keterampilan dribbling sepakbola dibandingkan dengan kemampuan pada teknik dasar sepakbola yang lain. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan dribbling adalah dengan menggunakan latihan kecepatan dan kelincahan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan kecepatan dan kelincahan terhadap peningkatan keterampilan dribbling siswa ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 8 Malang.

Rancangan penelitian yang dipakai adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan sampel penelitian sebanyak 24 siswa. Sampel dibagi dalam dua kelompok dengan cara ordinal pairing matching. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian adalah tes menggiring bola. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah analisis varians satu jalur (one way anova).

Dari pengujian hipotesis hasil tes keterampilan dribbling masing-masing kelompok telah dihitung melalui uji analisis varians satu jalur (one way anova) menggunakan uji F, skor keterampilan tes awal dengan tes akhir kelompok eksperimen diperoleh hasil yang signifikan yaitu (Fhitung = 40.08 >  Ftabel 0,05 = 4,30) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap perlakuan yang diberikan, kemudian kelompok kontrol diperoleh hasil yaitu (Fhitung = 1,58 < Ftabel 0,05 = 4,30) menunjukkan tidak adanya pengaruh terhadap perlakuan yang diberikan dari pelatih, dan selisih skor keterampilan tes akhir masing-masing kelompok diperoleh hasil yang signifikan yaitu, (Fhitung = 155,48 > Ftabel 0,05 =  4,30), dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.

Saran yang dapat diberikan kepada pelatih ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 8 Malang, sebaiknya menggunakan latihan kecepatan dan kelincahan sebagai bentuk latihan untuk meningkatkan keterampilan dribbling, karena hasil perolehan penelitian yang telah dilakukan, ternyata latihan kecepatan dan kelincahan memberikan pengaruh yang lebih baik daripada latihan konvensional terhadap peningkatan keterampilan dribbling siswa ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 8 Malang.