SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Latihan Teknik Loop Drive Forehand Menggunakan Variasi Latihan untuk Atlet Tenis Meja U-12 di PTM Gajayana Kota Malang

Anasul Kirom

Abstrak


ABSTRAK

 

Kirom, Anasul. 2015. “Latihan Teknik Loop Drive Forehand Menggunakan Variasi Latihan untuk Atlet Tenis Meja U-12 di PTM Gajayana Kota Malang”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Purnami, M.Pd., (II) Dr. Imam Hariadi, M.Kes.

 

Kata Kunci: tenis meja, loop drive forehand, variasi latihan

 

Tenis meja adalah cabang olahraga yang dapat dimainkan oleh semua kalangan baik laki-laki maupun perempuan. Salah satu teknik penyerangan dalam tenis meja yaitu pukulan loop drive forehand. Kelebihan dari pukulan tersebut yaitu dapat membuat pemain lawan lebih banyak melakukan kesalahan agar dapat mendapatkan poin lebih banyak. Namun, melihat permasalahan yang terjadi di klub tersebut bahwa hasil observasi awal menunjukkan jika teknik pukulan loop drive forehand masih mengalami tingkat keberhasilan yang rendah. Adapun faktor yang mempengaruhi diantaranya (1) kendala dari tim pelatih dalam memberikan latihan khususnya pada pukulan loop drive forehand yang hanya secara instan/langsung, (2) kendala atlet yang tidak bisa memahami apa yang dipraktikkan pelatih, (3) atlet terbilang serius/tekun terkadang hanya pada saat ada pertandingan, (4) program latihan yang belum tertulis secara jelas untuk proses latihan bagi para atlet. Maka dari itu, dibutuhkannya alternatif pemecahan dalam bentuk program latihan, salah satunya dengan menggunakan variasi latihan pada pukulan loop drive forehand.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki teknik pukulan loop drive forehand permainan tenis meja dalam latihan di klub PTM Gajayana Kota Malang dengan menggunakan variasi latihan.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan olahraga dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini nantinya akan dilakukan menggunakan 2 siklus, dimana setiap siklus akan dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan tiap minggunya. Sesuai dengan teori yang sudah dijelaskan sebelumnya, tiap siklus masing-masing mempunyai kegiatan utama diantaranya (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 12 atlet, diantaranya 9 putra dan 3 putri di klub PTM Gajayana Kota Malang.

Hasil penelitian yang telah dilalui para atlet dalam melakukan teknik pukulan loop drive forehand mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan beberapa variasi latihan yang beraneka ragam. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yaitu 3 minggu dengan 9 kali pertemuan di siklus 1, dan 3 minggu dengan 9 kali pertemuan di siklus 2. Tingkat keberhasilan pada siklus 1 diantaranya pada gerakan posisi awal di minggu pertama 88,08%, minggu kedua 95,25%, dan minggu ketiga 99,17%. Gerakan pra impact di minggu pertama 69,34%, minggu kedua 78%, dan minggu ketiga 86,33%. Gerakan impact di minggu pertama 59,67%, minggu kedua 70,25%, dan minggu ketiga 78,33%. Gerak lanjutan di minggu pertama 82,75%, minggu kedua 88,66%, dan minggu ketiga 93,75%.

Pada tingkat keberhasilan di siklus 2 juga berjalan selama 3 minggu dengan 9 kali pertemuan, diantaranya pada gerakan posisi awal di minggu pertama 99,75%, minggu kedua 100%, dan minggu ketiga 100%. Gerakan pra impact di minggu pertama 90,59%, minggu kedua 95,5%, dan minggu ketiga 97,25%. Gerakan impact di minggu pertama 84,84%, minggu kedua 90%, dan minggu ketiga 92,67%. Gerak lanjutan di minggu pertama 95,59%, minggu kedua 97,5%, dan minggu ketiga 98,25%.

Berdasarkan permasalahan yang terjadi tentang teknik pukulan loop drive forehand, bahwa permasalahan tersebut dapat dipecahkan dengan menggunakan variasi latihan. Tingkat keberhasilan yang dicapai selama 6 minggu dalam siklus 1 dan 2 jika variasi latihan dapat memperbaiki latihan tentang teknik loop drive forehand untuk atlet di klub PTM Gajayana Kota Malang.