SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh LatihanLadder Drills TerhadapPeningkatan Kelincahan Pada Siswa U-17 Di Persatuan Sepakbola Jajag Kabupaten Banyuwangi.

Firdaus Soffan Hadi Hadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Hadi, Firdaus Soffan. 2015.Pengaruh LatihanLadder Drills TerhadapPeningkatan  Kelincahan Pada Siswa U-17 Di Persatuan Sepakbola Jajag Kabupaten Banyuwangi. Skripsi, JurusanPendidikanJasmani dan Kesehatan, FakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing:(I) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd, (II) Fahrial Amiq, S.Or., M.Pd.

 

Kata kunci:eksperimen, ladder drills, kelincahan.

Kemampuan fisik sangat berkaitan dengan penguasaan teknik dasar bermain sepakbola, tidak hanya teknik, faktor fisikjugaberkaitandengantaktikdan mental. Kesalahan teknik dan taktik sering terjadi pada saat pemain bermain yang diakibatkan oleh kurangnya porsi latihan. Salah satu carauntuk meningkatkan skill pemaintersebut, maka digunakan latihan ladder drills. Semakin bagus kelincahan seorang pemain, maka semakin baik juga pemain itu menerapkan pada saat bertanding.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhlatihanladder drillsterhadappeningkatan kelincahan pemain sepakbola U-17 di Persatuan Sepakbola Perseja Jajag Kabupaten Banyuwangi.

Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu.Rancangan eksperimen semu ini digunakan pada dua kelompok subjek yaitu kelompok ladder drillsdan kelompok konvensional. Penelitian ini melalui beberapa tahap, antara lain: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalaharrowhead.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian satu jalur (one way anova).Subjek dalam penelitian ini adalah pemain sepakbola U-17 Persatuan Sepakola Jajag Kabupaten Banyuwangi yang berjumah 30 pemain.

Hasil dari penelitiandianalisis dengan menggunakan teknik analisis varian satu jalur atau one way anova dengan taraf signifikansi 0,05. Dari uji tersebut diperoleh Fhitung  sebesar 3,955910