SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Skipping Terhadap Peningkatan Kemampuan VO2max Pemain Sepakbola U-15 Di Persatuan Sepakbola Agus Salim Kota Batu

bagus tri sugiarta putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Sepakbola adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu yang saling berusaha memasukkan bola ke gawang lawan dengan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan bagi tim yang lebih banyak memasukkan bola akan keluar menjadi juara. Kondisi fisik sangat penting dalam olahraga sepakbola. Salah satu komponen kondisi fisik yaitu daya tahan /stamina yang dapat dilihat kadarnya melalui volume oksigen maksimal dalam tubuh (VO2max). Saat peneliti melakukan pengamatan dan beep test di Persatuan Sepakbola Agus Salim U-15 Kota Batu, 63% pemain mempunyai kemampuan VO2max di bawah rata-rata yaitu 36 ml/kg/min. Hal tersebut dikarenakan kurangnya perhatian pelatih akan latihan fisik yang tepat untuk meningkatkan daya tahan/stamina.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan skipping terhadap peningkatan kemampuan VO2max pemain sepakbola.

Rancangan penelitian yang dipakai adalah matching pretest-posttest control group design dengan menggunakan sampel 30 pemain Persatuan Sepakbola Agus Salim U-15. Cara pengambilan sampel adalah acak, setelah itu sampel dibagi menjadi dua kelompok, kelompok eksperimen latihan skipping dan kelompok kontrol dengan latihan komando dengan menggunakan cara ordinal pairing matching.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, latihan skipping memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan VO2max pemain Persatuan Sepakbola Agus Salim (Fh5,36 > Ft 4,67). Kedua, latihan komando memberikan pengaruh yang tidak signifikan peningkatan kemampuan VO2max pemain Persatuan Sepakbola Agus Salim (Fh = 0,12 < Ft4,67). Ketiga, ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan skipping dengan latihan komando terhadap peningkatan kemampuan VO2max pemain Persatuan Sepakbola Agus Salim (Fh = 39,39 > Ft 4,67). Latihan skipping (mean = 39,39 dan SD = 4,97) memberikan pengaruh lebih baik terhadap peningkatan kemampuan VO2max pemain Persatuan Sepakbola Agus Salim daripada latihan komando (mean = 36,26 dan SD = 4,16).

Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, latihan skipping memberikan pengaruh yang lebih baik  dibandingkan latihan komando terhadap peningkatan kemampuan Vo2max pemain sepakbola U-15 di Persatuan Sepakbola Agus Salim Kota Batu.