SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Elektronik Materi Teknik Dasar Mengoper Dan Menembak Bolabasket Bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Malang

Oki Dwijayanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Dwijayanto, Oki. 2015. Pengembangan Media Ajar Materi Teknik Dasar Mengoper dan Menembak Bolabasket Melalui Buku Elektronik Bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Oni BagusJanuarto, M.Kes. (II)Febrita Paulina Heynoek, S.Pd, M.Pd.

 Kata kunci: buku elektronik, mengoper,menembak, bolabasket.Penggunaan e-book di dalam pembelajaran merupakan media yang diminati oleh peserta didik. Hal ini disebabkan media elektronik berbasis komputer lebih menarik dan variatif. Berdasarkan dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan pendidik dan observasi pada peserta didik di SMP Negeri 9 Malang, pada tanggal 15 Januari 2015 diketahui bahwa ketersediaan media pembelajaran yang terdapat pada sekolah berupa LCD proyektor dan juga alat bantu pengeras suara di setiap kelas, dengan presentase 90% masih berfungsi dengan baik. Dan setiap penyampaian materi di kelas, pendidik menggunakan media power point sebagai media penyampaiannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar materi teknik dasar mengoper dan menembak bolabasket melalui buku elektronik bagi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Malang diharapkan dapat membantu peserta didik dalam menerima materi dan mampu belajar secara mandiri di luar jam sekolah.Metode penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model prosedural atau model pengembangan research and developmentdari Borg and Gall yang terdiridari 10 langkah penelitian, namun peneliti hanya menggunakan 8 langkah yaitu : (1) analisis produk yang dikembangkan, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi para ahli, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk, (6) uji coba kelompok besar, (7) revisi produk akhir, (8) hasil produk akhir pengembangan. Hal ini disebabkan karena langkah-langkah yang diambil disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dan pengembangan yang akan diteliti.Berdasarkan hasil dari uji coba kelompok kecil dengan jumlah peserta didik sebanyak 8 orang diperoleh persentase sebesar 78% hasilnya baik dan hasil dari uji coba kelompok besar dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang diperoleh persentase sebesar 80% hasilnya baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan media ajar materi teknik dasar mengoper dan menembak bolabasket melalui buku elektronik bagi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Malang dapat digunakan dalam proses pembelajaran khususnya dalam materi teknik dasar bolabasket.Kesimpulan dan saran dari penelitian ini meliputi (1) hasil akhir dari penelitian dan pengembangan ini berupa pengembangan materi teknik dasar mengoper dan menembak bolabasket melalui buku elektronik, (2) pengembangan buku elektronik ini dapat dimanfaatkan peserta didik untuk lebih menguasai teknik dasar mengoper dan menembak bolabasket, (3) untuk sasaran penelitian atau subjek penelitian diharapkan tidak hanya sebatas pada peserta peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 9 Malang saja, tetapi juga sekolah-sekolah lain dan dalam lingkup yang lebih luas lagi.