SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Kebugaran Jasmani dengan Metode Bermain pada Siswa Kelas VII B MTs Negeri Pilangkenceng Kabupaten Madiun

Bima Alim Azizi

Abstrak


ABSTRAK

 

Alim Azizi, Bima. 2015. Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran KebugaranJasmani dengan Metode Bermain pada Siswa Kelas VII B MTs NegeriPilangkenceng Kabupaten Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmanidan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd, (II) Dra. Sulistyorini,M.Pd.

Kata Kunci: Efektifitas pembelajaran, Kebugaran Jasmani, Metode Bermain

Kebugaran jasmani merupakan suatu aktivitas gerak yang luas dan membina  seseorang untuk menjadi manusia yang lebih sehat dan kuat dari jasmani maupun rohani. Melalui pembelajaran kebugaran jasmani dengan metode bermain diharapkan siswa lebih aktif dan senang saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan observasi awal waktu dalam pembelajaran masih kurang efektif, latihan dalam praktek kurang variasi dan masih banyak siswa yang kurang serius dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode bermain untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran kebugaran jasmani di MTs Negeri Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektifitas pembelajaran kebugaran jasmani dengan menggunakan metode bermain. Metode bermain diharapkan pembelajaran lebih efektif dan siswa bisa lebih aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan siswa kelas VII B MTs Negeri Pilangkenceng yang berjumlah 32 siswa. Peneliti berkolaborasi dengan guru pendidikan jasmani dalam merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus dan masih-masih siklus 3 kali pertemuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas pembelajaran kebugaran jasmani dengan metode bermain pada siswa kelas VII B MTs Negeri Pilangkenceng mengalami peningkatan. Hasil penelitian pada siklus 1 persentase yang menunjukkan bahwa siswa yang tuntas kelentukan 46,87%, keseimbangan 31,25%, kecepatan 40,62% dan kelincahan 46,62% sehingga perlu dilakukan tindakan berikutnya. Pada siklus 2 persentase siswa mengalami meningkatkan untuk kelentukan 75%, keseimbangan 78,12%, kecepatan 90,62% dan kelincahan 84,37%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kebugaran jasmani dengan metode bermain dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran kebugaran jasmani di MTs Negeri Pilangkenceng kabupaten Madiun Kabupaten Madiun.