SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Atletik Gerak Dasar Lari Menggunakan Metode Bermain Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang.

Muhamad Rangga Putra Pradana

Abstrak


ABSTRAK

 

 Pradana, Muhamad Rangga Putra. 2014. Meningkatkan Keaktifan BelajarSiswa dalam Pembelajaran Atletik Gerak Dasar Lari  Menggunakan MetodeBermain Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd. (II)Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: Keaktifan siswa, pembelajaran atletik gerak dasar lari, metodebermain

Keaktifan siswa adalah aktivitas belajar siswa dalam mengembangkanpengetahuan secara optimal. Dalam pembelajaran sangat diperlukan adanyaaktivitas untuk menunjang materi pembelajaran itu sendiri dengan baik. Untuk ituguru diharapkan mampu memberikan variasi pembelajaran untuk merangsangsiswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Maka dari itu metode bermainmerupakan salah satu pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmaniyang harus diterapkan pada siswa Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malangagar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalampembelajaran atletik gerak dasar lari menggunakan metode bermain pada siswakelas III Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang. Metode penelitian yangdigunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan datayang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan.

Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas denganmemakai 2 siklus dan dalam setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan denganjumlah keseluruhan pertemuan yang ada dalam penelitian terdapat 6 kalipertemuan. Dari hasil penelitian ini terbukti mampu meningkatkan keaktifansiswa kelas III Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang dengan hasilpeningkatan rata-rata penilaian keaktifan siswa dalam pembelajaran atletik gerakdasar lari pada siklus 1 dan siklus 2 dapat dilihat diantaranya melakukan kegiatanpembelajaran gerak dasar atletik dengan sungguh-sungguh dari 65% menjadi82%, mengikuti proses pembelajaran dari awal sampai akhir dan tepat waktu dari73% menjadi 87%, ketertarikan siswa pada materi pembelajaran atletik gerakdasar lari yang diberikan oleh guru dari 56% menjadi 82%, ketertarikan terhadapbermain pada saat pembelajaran dari 74% menjadi 93%, berusaha memahamimateri pembelajaran atletik gerak dasar lari yang diberikan oleh guru dari 61%menjadi 81%, melaksanakan apa yang diperintahkan oleh guru dari 60% menjadi80%.

Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran atletik gerak dasar larimelalui metode bermain dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas III SekolahDasar Brawijaya Smart School Malang.