SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN VARIASI GERAK DASAR KE DALAM MODIFIKASI ATLETIK MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 NGADISUKO KECAMATAN DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK

Joka Herlambang

Abstrak


ABSTRAK

 

Herlambang, Joka. 2015. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran  Variasi Gerak Dasar Ke Dalam Modifikasi Atletik Menggunakan Metode Bermain Pada Kelas V SD Negeri 3 Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi, M.Kes., (II) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: keaktifan, pembelajaran, gerak dasar atletik, bermain.

Pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan variasi gerak dasar merupakan salah satu materi yang diajarkan di Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa keaktifan siswa kelas V SD Negeri 3 Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dalam pembelajaran variasi gerak dasar tergolong rendah karena dari ketiga indikator keaktifan yang diamati, seperti: a) Keaktifan dalam Pembelajaran 50%, b) Enjoy/senang 45%, c) Motivasi 47,5%.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran variasi gerak dasar menggunakan metode bermain, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Metode bermain yang digunakan yaitu permainan piring terbang, pemburu hantu, kotak misteri, cumi bakar, pasang cincin, dan ambil cumi.

Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran variasi gerak dasar kelas V SD Negeri 3 Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dengan menggunakan Metode bermain.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan pada pembelajaran gerak dasar atletik selama siklus I dan siklus II. Dari indikator a) keaktifan dalam pembelajaran 53,9% pada siklus I meningkat menjadi 78,5% siklus II, indikator b) enjoy/senang 55,5% pada siklus I meningkat menjadi 80,6% siklus II, dan indikator c) motivasi 49,1% pada siklus I meningkat menjadi 80,1% siklus II.

Berdasarkan hasil temuan pada penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode bermain yang diberikan oleh guru dalam penelitian dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran gerak dasar atletik pada siswa kelas V SD Negeri 3 Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Sedangkan saran berdasarkan penelitian ini: a) pemahaman guru akan keaktifan siswa perlu ditingkatkan yang bertujuan agar kualitas pembelajaran semakin baik, b)  guru diharapkan lebih kreatif dan variatif dalam penyampaian materi pembelajaran.

 

ABSTRACT

 

Herlambang, Joka. 2015. Increasing student’s active in learning basic motion variation into athletic modification by using play method at fifth grade of SDN 3 Ngadisuko, Durenan, Trenggalek. Thesis, The Education of Body and Health Department, Science of Sport Faculty, University of Malang. Advisor: (I) Dr. Supriyadi, M.Kes., (II) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd., M.Pd.

 

Key Words: active, learning, athletic basic motion, play

On physical education lesson, basic motion variation is one of the material which is taught in the elementary school, based on the first observation, the result is that the student’s active of fifth grade SDN 3 Ngadisuko, Durenan, Trenggalek on the learning of basic variation motion is in low classified because from three active indicators which is watched, for example : a) the active of learning is 50 %, b) enjoy 45 %, c) motivation 47,5 %.

The purpose of this research is for increasing the active of student on the learning basic motion variation by using a play method, so that the purpose of learning can be achieved maximally. The playing method that is used is piring terbang, pemburu hantu, kotak misteri, cumi bakar, pasang cincin, dan ambil cumi.

The program of this research uses Class action research (Penelitian Tindakan Kelas). The goalof this research is for knowing the increase of student’s active on the learning basic motion variation on fifth grade SDN 3 Ngadisuko, Durenan, Trenggalek. By using a play method.

The result of research shows that the active student gets an increase on the learning basic motion variation during 1st siklus and 2nd siklus. From indicators a) the active of learning 53,9% on 1st siklus increases being 78,5% 2nd siklus, indicator b) enjoy 55,5 % on 1st siklus increases being 80,6 % 2nd siklus, and indicator c) motivation 49,1 % on 1st siklus increases being 80,1 % 2nd siklus.

Based the finding result on research can conclude that a play method which is given by teacher on research can increase the active student on the learning basic motion learning on the fifth grade SDN 3 Ngadisuko, Durenan, Trenggalek. Meanwhile sugest based tis research. a) teacher understanding cause of student’s active needs to get an increase which has purpose in order to the quality of learning is going to better. B) teacher is hoped being more creative and variative on giving a learning material.