SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Yasik H, Al Aziz. 2015. Upaya Meningkatkan Keterampilan Shooting Sepakbola Menggunakan Bentuk Latihan Shooting Yang Bervariasi Untuk Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola di SMA Negeri 1 Kesamben.

Al Aziz Yasik Hardiyono

Abstrak


ABSTRAK

 

Hardiyono, Al Aziz Yasik. 2015. Upaya Meningkatkan Keterampilan Shooting Sepakbola Menggunakan Bentuk Latihan Shooting Yang Bervariasi Untuk Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola di SMA Negeri 1 Kesamben.  Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd. (II) Dr. Asim, M.Pd.

 

Kata Kunci:  Keterampilan Shooting, Bentuk Latihan yang Bervariasi, Ekstrakurikuler

 

Keterampilan shooting merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh pemain dalam permainan sepakbola. Dengan keterampilan shooting yang baik, maka seorang pemain dapat melakukan tendangan ke gawang  yang baik. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilaksanakan di siswa ekstrakurikuler sepakboloa SMA Negeri 1 Kesamben, keterampilan shooting siswa masih kurang maksimal hal ini dikarenakan beberapa faktor terutama pembelajarannya yang hanya berorientasi pada latihan fisik tanpa bola yang membuat siswa mengalami kejenuhan.

Penelitian tindakan olahraga ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan shooting melalui bentuk program latihan yang bervasiasi. Dengan diberikan variasi-variasi dalam latihan shooting diharapkan mampu mengurangi kejenuhan siswa dalam latihan dan meningkatkan keinginan siswa untuk menjalni semua materi latihan yang diberikan pelatih. Sehingga siswa dapat memperoleh hasil latihan yang maksimal.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan olahraga ini dilakukan melalui dua siklus, satu siklus tiga kali pertemuan dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 1 Kesamben. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi (pengamatan) dan tes keterampilan.

Hasil dari 2 siklus yang diterapkan dapat dilihat dari persentase gerakan shooting yang benar pada siklus I dan siklus II hasilnya sebagai berikut, pada siklus I pertemuan ke-1, ke-2, dan ke-3 secara berurutan adalah pada tahap persiapan sebesar 77%, 83,93%, 90,18%. tahap pelaksanaan sebesar 52%, 58,04%, 61,61% sedangkan tahap follow-through sebesar 44%, 50%, 53,57%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu pertemuan ke-1, ke-2, dan ke-3 secara berurutan adalah pada tahap persiapan sebesar 98,21%, 100%, 100%. Tahap pelaksanaan sebesar 65,18%, 71,43%, 85,71% sedangkan tahap follow-through sebesar 61,9%, 69,95%, 80,95%.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan diberikan bentuk latihan yang bervariasi dapat meningkatkan keterampilan shooting siswa dalam pembelajaran shooting sepakbola. Adapun saran yang diberikan Dari hasil penelitian ini, pelatih dapat memberikan bentuk-bentuk latihan yang bervariasi untuk mengasah keterampilan shooting siswa di ekstrakurikuler dan siswa dapat mengasah kemampuannya sendiri dirumah sesuai dengan latihan yang diberikan.