SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aktivitas Permainan untuk Pembelaja-ran Gerak Dasar Lari dan Lompat Siswa Sekolah Dasar Kelas 1, 2 dan 3

Trisula Sulaksana

Abstrak


ABSTRAK

 

Sulaksana, Trisula. 2015. Pengembangan Aktivitas Permainan untuk Pembelaja-ran Gerak Dasar Lari dan Lompat Siswa Sekolah Dasar Kelas 1, 2 dan 3. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tatok Sugiarto, S. Pd., M. Pd.  (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M. Kes.

 

Kata Kunci: pengembangan, pembelajaran, gerak dasar, lari dan lompat, permainan.

 

Pembelajaran atletik khususnya pada pembelajaran gerak dasar pada masa sekarang kenyataannya menjadi pembelajaran yang kurang begitu disenangi oleh siswa, dikarenakan siswa merasa pembelajaran tersebut dirasa kurang menyenangkan. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya dikarenakan kurangnya variasi dari guru pendidikan jasmani dalam memberikan materi pembelajaran. Guru pendidikan jasmani juga harus mampu mengemas pembelajaran atletik khususnya gerak dasar lari dan lompat menjadi kegiatan yang menarik dan menyenangkan untuk dilakukan oleh siswa sekolah dasar.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pembelajaran gerak dasar lari dan lompat dengan menggunakan aktivitas permainan untuk siswa sekolah dasar kelas 1, 2 dan 3 di SDN Sumberejo Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo agar siswa lebih senang dan antusias.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall, peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah yang meliputi: (1) pengumpulan informasi, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi I rancangan produk, (5) uji coba tahap I, (6) revisi II dan uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. 

Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari ujicoba kelompok kecil dengan subjek berjumlah 6 siswa diperoleh hasil 97,84 % (sangat valid), sedangkan ujicoba kelompok besar dengan subjek berjumlah 30 siswa diperoleh hasil 97,20 % (sangat valid), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaan gerak dasar lari dan lompat menggunakan aktivitas permainan bisa digunakan pada siswa kelas 1, 2 dan 3 di SDN Sumberejo Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo.

Produk pengembangan aktivitas permainan ini digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran gerak dasar lari dan lompat pada siswa sekolah dasar di SDN Sumberejo Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. Aktivitas permainan gerak dasar lari dan lompat ini diharapkan bisa dikembangkan lagi supaya lebih bervariatif sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang lebih maksimal.

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Sulaksana, Trisula. 2015. Development of  the Games Activity for Learning Basic Motion Run and Jump for Elementary School Students Grade 1, 2 and 3. Thesis. Departement of Physical Education and Health. Faculty of Sport and Science. State university of Malang. Advisor: (1) Drs. Tatok Sugiarto, S. Pd., M. Pd.  (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M. Kes.

 

Key Words: development, learning, basic motion, run and jump, game.

 

Study of athletic specially at study of elementary motion [at] a period of/to now in reality become study which out of favor by student, because of student feel the the study felt by less pleasant. The mentioned usually because of several things, one of them because of lack of variation of of physical education teacher in giving study items. Teacher physical education also have to can be tidy [of] study of athletic specially basic motion run and jump to become pleasant and interesting activity to be done/conducted by elementary school student.

This aim of the research is to teach basic motion run and junp by using games activity for elementary school student grade 1, 2 and 3  in SDN Sumberejo Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo to make students more excited and enthusiastic.

This study adopted the Research and Development design proposed by Borg and Gall. However, the researcher does not use all steps. There were only seven steps which are applied: (1) research and information collecting, (2) develop preliminary form of product, (3) expert’s evaluation, (4) revision I, (5) trial phase I, (6) revision II and trial phase II, (7) final product revision. The data analysis is quantitative and qualitative obtained from the results of questionnaires.

Pursuant to result of obtained data analysis of small group test-drive with subjek amount to 6 student obtained result 97,84 % (very valid), while big group test-drive with subjek amount to 30 student obtained result 97,20 % (very valid). Thus, teaching basic basic motion run and jump using game activity can be used in elementary school student grade 1, 2 and 3 in SDN Sumberejo Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo.

Product development of this game activity is used to support activity of study of elementary motion run and jump at elementary school student in SDN Sumberejo Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. Activity game of basic motion run and jump this expected amendable again so that more variatif so that can reach the target of more maximal study.