SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model LatihanFisik yang Dikombinasikan dalam Variasi Shooting Bola basket Bagi Peserta Ekstrakuri kuler SMP Negeri 1 Malang

Syarif Hidayatullah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayatullah, Syarif. 2015. Pengembangan Model LatihanFisik yang Dikombinasikan dalam Variasi Shooting Bola basket Bagi Peserta Ekstrakuri kuler SMP Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes, (II) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, model latihan, latihan fisik, variasi shooting.

 

Shooting merupakan usaha memasukkan bola kekeranjang dan merupakan teknik dasar dari permainan bola basket. Wawancara yang dilakukan peneliti kepada pelatih ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 1 Malang, pelatih mengungkapkan masih belum ada latihan kombinasi latihan fisik dan teknik shooting dalam model latihan yang dilakukan. Kemampuan siswa dalam melakukan teknik shooting sudah baik, namun ketika kondisi tubuh sudah kelelahan karena kondisi fisik yang buruk, siswa cenderung tidak focus lagi dalam melakukan shooting. Untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan teknik secara bersamaan, maka model latihan kombinasi harus diberikan untuk mengefisienkan serta mengefektifkan latihan yang dilakukan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan fisik yang dikombinasikan dalam variasi shooting bola basket yang dikemas dalam buku panduan. Dengan adanya buku panduan ini dapat membantu atau mempermudah siswa dalam mempraktikkan model latihan fisik yang dikombinasikan dalam variasi shooting bolabasket.

Metode penelitian dan pengembangan ini mengacup ada model prosedural atau model pengembangan research and development dari Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah penelitian, namun penelitihanya menggunakan 8 langkah yaitu: (1) analisis produk yang dikembangkan, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi para ahli, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk, (6) uji coba kelompok besar, (7) revisi produk akhir, (8) hasil produk akhir pengembangan.

Berdasarkan hasil dari uji coba kelompok kecil dari 8 peserta uji coba adalah 92% hasilnya sangat valid, sedangkan hasil dari uji coba kelompok besar dari 30 peserta uji coba adalah 91% hasilnya sangat valid. Jadi dapat disimpulkan bahwa model latihan fisik yang dikombinasikan dalam variasi shooting bolabasket bagi peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Malang dapat digunakan.

Kesimpulan penelitian ini meliputi (1) hasil akhir dari penelitian dan pengembangan ini berupa model latihan fisik yang dikombinasikan dalam variasi shooting bolabasket, (2) model latihan fisik yang dikombinasikan dalam variasi shooting bolabasket dapat dimanfaatkan untuk siswa yang sudah menguasai teknik dasar bolabasket. Saran penelitian ini meliputi (1) sebelum digunakan dalam lingkup masal atau lebih luas lagi, hendaknya dilakukan pengkajian ulang tentang kecakapan gerak motorik siswa dan tingkat usia anak agar tidak terlalu membebani kondisi tubuh siswa, (2) sebaiknya dalam penelitian pengembangan dilakukan pada subjek yang luas.