SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN TEKNIK DASAR START RENANG DENGAN MENGUNAKAN VIDEO BAGI ATLET PEMULA DI CLUB RENANG CLASS MALANG

FREDY TAMARA

Abstrak


ABSTRAK

 

Fredy, Tamara. 2015. Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Start Renang Dengan Mengunakan Video Bagi Atlet Pemula di Club Renang Class Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sulistyorini, M.Pd, (II) Dra. Saichudin, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, start renang, dan video pembelajaran.

 

Terdapat berbagai macam teknik dalam olahraga renang yaitu renang gaya dada, renag gaya bebas, renang gaya punggung, renang gaya kupu-kupu, dan juga teknik keterampilan meloncat. Pembelajaran start renang tidak selamanya harus dilakukan secara manual hanya berupa penjelasan saja kemudian praktek, namun harus memanfaatkan teknologi yang ada yaitu media audio visual. Perkumpulan renang Class kota Malang belum memanfaatkan tayangan audio visual sebagai media pembelajaran  yang untuk menambah wawasan tentang teknik-teknik dasar dalam start renang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan tentang teknik dasar start renang dengan menggunakan audio visual (video) untuk atlet perkulpulan renang Class Kota Malang. Pembuatan audio visual sangat dibutuhkan karena dapat digunakan sebagai media pendukung, selain atlet mendapat penjelasan dari pelatih, atlet juga dapat melihat tayangan video ini agar lebih memperjelas dalam melakukan start renang, selain itu pembelajaran tentang teknik dasar start renang menjadi lebih efektif dengan adanya audio visual ini.

Dalam penelitian pengembangan ini, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket serta menggunakan metode pengembangan dari Borg dan Gall (1983) yang telah dimodifikasi oleh peneliti, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) pembuatan produk awal, (3) evaluasi ahli beserta revisi ahli, (4) uji kelompok kecil, (5) revisi I, (6) uji kelompok besar, (7) Revisi II dan hasil pengembangan.

Penelitian ini menghasilkan produk berupa video tentang teknik dasar start renang dan dengan spesifikasi produk yang didalamnya berisi tentang melatih kepercayaan diri, latihan meluncur, latihan melompat, latihan gerakan kaki, latihan gerakan awal renang setelah strat.

 

Video pembelajaran ini merupakan salah satu variasi penyampaian pembelajaran kepada atlet pemula. Durasi video pembelajaran ini adalah 13 menit 57 detik. Dalam menggunakan produk ini sebaiknya dilaksanakan seperti apa yang direncanakan, kemudian dilakukan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan di Club renang Class Kota Malang. Selain itu, produk ini juga dapat digunakan di Club-club renang se kota malang.