SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATERI PENJELAJAHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV MI TARBIYATUL ULUM KOTA BATU

Siti Rodiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Rodiyah, Siti. 2015. Pengembangan Materi Penjelajahan di Lingkungan Sekitar Sekolah  Ajar Untuk Peserta Didik Kelas IV MI Tarbiyatul Ulum Kota Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Roesdiyanto, M.Kes., (II) Drs. Agus Tomi, M.Pd.

 

Kata Kunci: tematik integratif, penjelajahan di lingkungan sekitar sekolah, Kota Batu

 

Kurikulum SD/MI menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif dari kelas I sampai kelas IV, yaitu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Dalam pembelajaran tematik integratif, tema yang dipilih berhubungan dengan alam dan kehidupan manusia. Tema yang telah ditentukan, disesuaikan dengan masing-masing mata pelajaran.Dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, tema Peduli terhadap Makhluk Hidup termasuk dalam ruang lingkup pendidikan luar sekolah yang salah satunya adalah penjelajahan di lingkungan sekitar sekolah.Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai pengembangan materi penjelajahan tersebut.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan pembelajaran materi penjelajahan di lingkungan sekitar sekolah untuk peserta didik kelas IV MI Tarbiyatul Ulum Kota Batu.

Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan Model Prosedural milik Borg and Gall yang telah di modifikasi beberapa tahap pengembangannya, (1) Analisis kebutuhan dengan melakukan wawancara dan observasi, termasuk kajian pustaka dalam melakukan penelitian awal. (2) Pembuatan rancangan produk. (3) Tinjauan ahli dengan menggunakan 1 ahli pembelajaran dan 1 ahli media. (4) Produk awal. (5) Uji coba kelompok kecil. (6) Uji coba kelompok besar. (7) Hasil akhir produk pengembangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknikanalisis deskriptif non tes berupa persentase. Teknik ini digunakan untuk analisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil validasi ahli, pengisian angket dan observasi di lapangan.

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan terhadap 41 orang peserta didik, didapatkan data (58,5%) peserta didik sudah memahami konsep penjelajahan, (100%) peserta didik membutuhkan buku ajar tentang penjelajahan, (92,6%) kebutuhan tentang kemenarikan tampilan, (51,2%) adanya permainan dalam penjelajahan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan tersebut maka dibuatlah rancangan produk materi pembelajaran yang kemudian divalidasi oleh ahli pembelajaran dengan hasil (91,07%)dari segi materi pembelajarannya. Sedangkan dari validasi ahli media didapatkan hasil sebesar (82,14%) dari segi tampilan, ketepatan, kesesuaian buku ajar. Dari hasil evaluasi para ahli didapat saran dan masukan sehingga menjadi produk akhir yang siap untuk di uji cobakan. Uji coba terhadap kelompok kecil (n=14) didapatkan hasil sebesar (90,18%) sehingga materi penjelajahan tersebut dapat digunakan untuk uji coba kelompok besar. Sedangkan hasil dari uji coba kelompok besar (n=27) didapatkan hasil sebesar (90,12%), sehingga pengembangan pembelajaran materi penjelajahan di lingkungan sekitar sekolah untuk peserta didik kelas IV MI Tarbiyatul Ulum Kota Batu, dapat digunakan sebagai panduan dalam pembelajaran pendidikan jasmani materi penjelajahan di lingkungan sekitar sekolah.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diperoleh hasil bahwa dalam pembelajaran materi penjelajahan pemakaian buku ajar untuk peserta didik hendaknya juga disertai dengan buku panduan bagi pendidik. Kesimpulannya adalah bahwa pengembangan pembelajaran materi penjelajahan di lingkungan sekitar sekolah untuk peserta didik kelas IV MI Tarbiyatul Ulum Kota Batu dapat digunakan dalam proses belajar mengajarSelain itu saran yang dapat diberikan yaitu, Permainan-permainan dalam pengembangan pembelajaran materi penjelajahan di lingkungan sekitar sekolah untuk peserta didik kelas IV ini dijadikan acuan dan dapat dikembangkan lagi supaya lebih variatif dalam prakteknya. Untuk subyek penelitian diharapkan lebih luas, tidak hanya peserta didik kelas IV MI Tarbiyatul Ulum Kota Batu saja, namun dapat digunakan di sekolah dasar lain.

 

ABSTRACT

 

Rodiyah, Siti. 2015. Development of Content Explorating at the Neighborhood Around the School For Students of Class IV MI TarbiyatulUlumBatu City. Thesis, Department of Physical Education Sport and Health, Sport Science Faculty, State University of Malang. Advisors: (I) Dr. Roesdiyanto, M.Kes., (II) Drs. AgusTomi, M.Pd.

 

Keywords: thematic integrative, explorating in the neighborhood around the school, Batu City

 

Curriculum SD / MI using an integrative approach thematic learning from class I to class IV, which is a learning approach that integrates a wide range of competencies from various subjects into various themes. In thematic integrative learning, which have been associated with the theme of nature and human life. Predetermined theme, adapted to each subject. In Physical Education Sports and Health Care for the theme beings fall within the scope of school education, one of which is the exploration of the environment around the school. In connection with that, it would require a discussion of the development of the exploration of matter.

The research was conducted with the aim to develop learning material in the exploration of the environment around the school to fourth grade students TarbiyatulUlum MI Batu.

Method development in this research using methods developed by ProceduralModel owned Borg and Gall which has been modified in some stage of development, (1) Analysis of the need to conduct interviews and observations, including a literature review in conducting the initial research. (2) Preparation of product design. (3) Review of expert using a 1 expert learning and one media expert. (4) The initial product. (5) The small group test. (6) The large group test. (7) The results of the final product development. Data analysis technique used is descriptive analysis techniques in the form of a non test percentage. This technique is used for the analysis of quantitative data obtained from the results of expert validation, filling questionnaires and observations in the field.

Based on the results of the analysis of the needs of the 41 learners, the data obtained (58.5%) of students already understand the concept of exploration, (100%) of learners require textbook about exploration, (92.6%) the needs of the attractiveness of the display, (51 , 2%) for the game in exploration. Based on the results of the needs analysis then made product design learning materials which are then validated by learning experts with the results (91.07%) in terms of learning material. While the media expert validation of the results obtained (82.14%) in terms of appearance, accuracy, suitability textbook. From the results of the evaluation expert advice and feedback obtained so that a final product that is ready to be tested. The trial against a small group (n = 14) is obtained by (90.18%) so that the exploration of the material can be used to test large groups. While the results of a large group trial (n = 27) is obtained by (90.12%), so the development of learning materials in the exploration of the environment around the school to fourth grade students TarbiyatulUlum MI Batu, can be used as a guide in teaching physical education exploration of the material in the environment around the school.

 

Based on these results, the study showed that the exploration of the use of textbook materials for learners should also be accompanied by a guidebook for educators. The conclusion is that the development of learning materials in the exploration of the environment around the school to fourth grade students TarbiyatulUlum MI Batu can be used in the learning process Furthermore the advice can be given, namely, game-play in the development of learning materials in the exploration of the environment around the school for learners Class IV is used as a reference and can be developed further so that more varied in practice. For the study subjects expected to be more widespread, not only learners in grade IV MI TarbiyatulUlumBatu alone, but can be used in other elementary schools.