SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pola Latihan Tendangan Pencak Silat pada Teknik Tendangan “T” bagi Atlet Pencak Silat PSHT Cabang Blitar

Hasim Fadil Alatas

Abstrak


ABSTRAK

 

Alatas, Hasim Fadil. 2015. Pengembangan Pola Latihan Tendangan Pencak Silat pada Teknik Tendangan “T” bagi Atlet Pencak Silat PSHT Cabang Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dr. Eko Hariyanto, M.Pd (II) Drs. Heru Widijoto, M.S

 

Kata Kunci: pola latihan, pencak silat, tendangan “T”

 

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan peneliti kepada atlet dan 2 orang pelatih pencak silat PSHT Cabang Blitar pada tanggal  13 Januari 2015, melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) didapatkan hasil sebagai berikut: atlet pencak silat PSHT Cabang Blitar menyatakan teknik tendangan “T” sulit dilakukan dalam latihan, atlet dan pelatih pencak silat PSHT setuju dikembangkan pola latihan tendangan “T” bagi atlet pencak silat, PSHT Cabang Blitar juga membutuhkan panduan dalam melaksanakan pola latihan tendangan “T” bagi atlet pencak silat dan dikemas dalam bentuk buku panduan.

Penelitian ini bertujuan mengembangkan pola latihan tendangan “T” pada olahraga pencak silat dalam bentuk yang berbeda dari yang biasa dilakukan untuk latihan tendangan “T” sebelum, sesudah maupun saat latihan yaitu dengan mengembangkan pola latihan tendangan “T” bagi atlet pencak silat. Diharapkan hasil pengembangan ini bermanfaat untuk atlet pencak silat PSHT Cabang Blitar.

Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development (R&D) dari Borg dan Gall. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.

Pengembangan secara keseluruhan diperoleh hasil dengan rentang skor 70-100% sehingga dapat disimpulkan bahwa pola latihan tendangan “T” bagi atlet pencak silat PSHT Cabang Blitar menarik untuk dipelajari, mudah untuk dipahami, mudah untuk dilakukan, tepat untuk dilakukan pada olahraga pencak silat, serta bermanfaat untuk atlet pencak silat PSHT Cabang Blitar.

 

Produk yang dikembangkan berupa pola latihan yang khusus dilakukan untuk olahraga pencak silat, pelaksanaan pola latihan ini  disesuaikan dengan karakteristik olah gerak tubuh pada pencak silat yang lebih banyak menggerakan gerakan teknik tendangan “T”. Pengembangan pola latihan tendangan “T” bagi atlet pencak silat PSHT Cabang Blitar yang berupa produk dan dikemas dalam buku panduan ini diharapkan dapat dijadikan alternatif latihan sebelum, sesudah maupun saat latihan dapat membantu atlet pencak silat dalam meningkatkan keterampilan tendangan teknik tendangan “T”.