SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL-MODEL PERMAINAN PASSING DALAM PEMBELAJARAN SEPAKBOLA BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JABUNG KABUPATEN MALANG

YOGA RINGGA PRADANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Pradana, Yoga Ringga. 2015. Pengembangan Model-model Permainan Passing Dalam Pembelajaran Sepakbola Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jabung Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd. (2) Drs. TatokSugiarto, S.Pd.,M.Pd

 

Kata Kunci: pengembangan, Model-model PermainanPassing,PembelajaranSepakbola,

 

Kompetensi dasar sepakbola merupakan salah satu bagian dari mata pelajaran pendidikan jasmani vavorit bagi siswa, karena di dalamnya banyak unsure bermain yang digemari oleh siswa. Namun dalam aplikasinya seringkali dijumpai siswa kurang antusias saat mengikuti materi kompetensi dasar sepakbola yang dikarenakan kurang sesuainya metode yang digunakan ataupun kurangnya variasi pembelajaran yang menarik untuk materi tersebut. Dari munculnya permasalahan tersebut maka peneliti berusaha untuk mencoba memecahkan masalah yang ada dengan melakukan penelitian Pengembangan Model-model Permainan Passing Dalam Pembelajaran Sepakbola Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jabung Kabupaten Malang.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan model-model permainan dalam pembelajaran sepakbola materi passing, dengan harapan dapat meningkatkan minat, dan keaktifan siswa serta memberi pengalaman belajar yang menyenangkan dan sesuai bagi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan di SMP Negeri  2 jabung Kabupaten Malang.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall (1983:775) berupa 10 langkah yang kemudian di sederhanakan menjadi 7 langkah merujuk dari Ardhana (2002:9), langkah-langkah tersebut adalah: (1)melakukan Analisis kebutuhan (2) perencanaan penelitian (3) Menyusun produk awal berupa model permainan modifikasi Produk yang sudah terbentuk kemudian di evaluasi oleh ahli (4) uji coba kelompok kecil (5) revisi produk (6) uji coba lapangan atau uji coba kelompok besar (7) revisi produk berdasarkan uji coba lapangan.Instrumen yang digunakan adalah berupa kuisioner berisi tentang produk yang telah dibuat.

Model - model permainan passing dalam pembelajaran sepakbola ini dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli yaitu 1 ahlipembelajaran pendidikan jasmani, 1 ahli permainan, dan 1 ahli media kemudian dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebanyak 78,35%, sedangkan untuk hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebanyak 88,98% yang menyatakan bahwa produk menarik, menyenangkan, aman, mudah, dan sesuai.

Pengembangan model-model permainan dalam pembelajaran sepakbola ini mudah dilakukan siswa serta dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran sepakbola. Penelitian lebih lanjut perlu dikembangkan guna mengetahui tingkat efektifitas produk pengembangan model-model permainan pasing dalam pembelajaran sepakbola ini.