SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Teknik Bela Diri Praktis Tangan Kosong untuk Siswa Sabuk hijau Organisasi Pencak Silat Cempaka Putih Kabupaten Magetan.

IMAN PRASTOWO

Abstrak


ABSTRAK

 

Prastowo, Iman. 2015. Pengembangan Teknik Bela Diri Praktis Tangan Kosong untuk Siswa Sabuk hijau Organisasi Pencak Silat Cempaka Putih Kabupaten Magetan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd, (II) Kurniati rahayuni S.psi M.psi.

 

Kata Kunci: Teknik bela diri praktis tangan kosong

 

Berdasarkan observasi awal dilakukan pada tanggal 17-21 September 2014 di Organisasi Pencak Silat Cempaka Putih Kabupaten Magetan, menunjukan bahwa, pelatih jarang mengajarkan aspek pertahanan diri menggunakan teknik bela diri yang praktis untuk melindungi diri dari ancaman pihak luar yang berniat membahayakan diri sendiri maupun orang lain yang berhubungan dengan kekerasan fisik. Dari angket analisis kebutuhan yang diberikan pada 22 peserta latihan yang hadir dan satu orang pelatih PSCP maka didapat hasil yaitu: bahwa dari segi/aspek kemenarikan materi, latihan jurus diperoleh hasil; 28% siswa menjawab tidak menarik; 72% siswa menjawab kurang menarik; dari 22 responden dan dari pelatih diperoleh hasil dengan 1 butir instrumen salah satu menjawab tidak senang dan lainnya menjawab kurang senang.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan materi baru berupa teknik bela diri praktis tangan kosong untuk siswa sabuk hijau PSCP yang diambil dari jurus-jurus yang sudah ada.

Model yang digunakan dalam penelitian ini berupa model prosedural dengan langkah-langkah pengembangan merujuk pendapat Borg and Gall. Langkah pengembangan dalam penelitian ini menggunakan 9 langkah. Subjek uji coba meliputi empat orang ahli, pelatih ekstrakurikuler, dan peserta ekstrakurikuler. Jenis data berupa data kualitatif dan data kuantitatif dan instrumen yang digunakan berupa angket. Tehnik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Produk pengembangan yang dihasilkan berupa teknik bela diri praktis tangan kosong yang disajikan dalam bentuk video demonstrasi dan buku panduan yang di dalamnya terdapat gambar rangkaian gerak dan cara pelaksanaannya, Hasil saran empat orang ahli menyatakan media dapat digunakan. Berdasarkan hasil analisis uji coba kelompok kecil sejumlah 10 peserta diperoleh persentase 76,37%, hasilnya cukup valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil, sedangkan dari uji coba kelompok besar sejumlah 30 peserta diperoleh hasil 82,41% artinya cukup valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil. Sehingga penelitian dan pengembangan teknik bela diri praktis tangan kosong dapat digunakan untuk siswa sabuk hijau organisasi pencak silat cempaka putih Kabupaten Magetan.

 

Kesimpulan hasil penelitian bahwa teknik bela diri praktis tangan kosong dapat digunakan untuk siswa sabuk hijau organisasi Pencak Silat Cempaka Putih Kabupaten Magetan. Saran untuk pelatih dapat dijadikan bahan materi dalam melatih bela diri pencak silat khususnya dalam latihan teknik bela diri praktis tangan kosong, selain itu diharapkan dengan pengembangan ini siswa dapat mengikuti latihan bela diri pencak silat dengan giat dan penuh semangat.