SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model-Model Permainan Lempar dan Tangkap Untuk Pembelajaran Softball Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Malang.

Muhammad Faz'ul Akbar

Abstrak


ABSTRAK

 

Akbar, Muhammad Faz’ul. 2015. Pengembangan Model-Model Permainan Lempar dan Tangkap Untuk Pembelajaran Softball Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan,  Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd. (II) Drs. Mardianto, M.Kes.

 

Kata Kunci : pengembangan, model permainan, lempar dan tangkap, softball

 

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan tanggal 7-8Februari 2014di SMPNegeri 1 Malang, bahwa pada pelajaran penjaskes, guru memberikan materi softball. Namun pada waktu pembelajaran guru tidak pernah memberikan model permainan lempar dan tangkap untuk pembelajaran softball. Model-model permainan sangat dibutuhkan oleh para siswa. Pada peneltian awal melalui pengisian angket yang diisi oleh 40 siswa/siswi di SMP Negeri 1 Malang. Diketahui 28 atau 63,6%  siswa menyatakan pembelajaran softball kurang menyenangkan, 24 atau 56,6% siswa memerlukan model-model permainan dalam pembelajaransoftballdan 30 siswa atau 83,3% siswa menyatakan sangat setuju jika dikembangkan model-model permainan lempar tangkap dalam pembelajaran softball.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model-model permainan lempar dan tangkap softballmenggunakan media buku panduan untuk mempermudah guru dalam proses pembelajaran. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat menambah minat siswa dalam belajar materi softball.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan metode prosedural dari Borg dan Gall. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Hasil pengembangan model-model permainan lempar dan tangkap sotball diperoleh data sebagai berikut: (1) justifikasi ahli permainan masuk kriteria baik sekali, (2) justifikasi ahli pembelajaran sotballmasuk kriteria baik, (3) justifikasi ahli media masuk kriteria baik, (4) penilaian guru pendidikan jasmani masuk kriteria baik. (5) uji coba kelompok kecil (85,45%) masuk kriteria baik sekali, (6) uji coba kelompok besar (87,68%) masuk kriteria baik sekali. Maka dengan hasil data tersebut produk layak dan dapat digunakan.

 

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan model-model permainan lempar tangkap untuk pembelajaran softball dalam bentuk buku panduan ini mudah untuk dipahami dan dengan adanya produk ini dapat menambah pengetahuan baru tentang teknik dasar lempar tangkap softball. Maka peneliti menyarankan agar dilakukan penelitian selanjutnya yang menguji keefektifan produk yang dikembangkan.