SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Latihan Lari Menggunakan Rompi Penarik Badan pada Sekolah Sepakbola Persedapim Dadaprejo Kota Malang

Ngudi Raharjo

Abstrak


ABSTRAK

 

Raharjo, Ngudi. 2015. Pengembangan Latihan Lari Menggunakan Rompi Penarik Badan pada Sekolah Sepakbola Persedapim Dadaprejo Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Dr.Hariyoko, M.Pd.(2) FahrialAmiq, S.Or, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, latihan lari, rompi penarik badan

 

Pada saat ini olahraga yang digemari dan diminati oleh banyak orang adalah cabang olahraga sepakbola. Banyak aspek atau unsur yang harus dikembangkan dalam permainan sepakbola, salah satu unsur yang harus dilatih adalah latihan kecepatan. Akan tetapi, kecepatan kurang mendapatkan perhatian dalam latihan sepakbola. Di sekolah sepakbola Persedapim Dadaprejo Kota Malang latihan lari menggunakan rompi penarik badan dengan disertai model latihannya belum ada, ini diketahui pada saat observasi awal dan wawancara dengan pelatih sekolah sepakbola persedapim.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan latihan lari menggunakan rompi penarik badan dengan media buku panduan untuk mempermudah siswa sekolah sepakbola dalam mempelajari model-model latihan lari. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat menambah variasi latihan lari dan juga meningkatkan kecepatan lari untuk siswa Sekolah Sepakbola Persedapim Dadaprejo Kota Malang.

Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall untuk pengembangan latihan lari menggunakan rompi penarik badan pada sekolah sepakbola Persedapim Dadaprejo Kota Malang: (1) melakukan penelitian awal, pengumpulan data termasuk kajian pustaka, (2) mengembangkan produk awal, (3) tinjauan ahli atau evaluasi ahli, (4) uji coba produk awal (kelompok kecil), (5) revisi produk awal berdasarkan kegiatan uji coba kelompok kecil, (6) uji coba lapangan (kelompok besar), (7) revisi produk akhir berdasarkan uji coba kelompok besar.

 

Hasil penelitian pengembangan ini adalah sebagai berikut: ahli sepakbola memberikan penilaian dengan hasil persentase cukup valid, dari ahli pelatih sepakbola memberikan penilaian dengan hasil persentase cukup valid, dari uji coba (kelompok kecil) siswa diperoleh persentase 75,04% (cukup valid), dan uji coba (kelompok besar) siswa diperoleh persentase 80,2% (cukup valid).