SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Softball menggunakan Mobile Learning untuk Peserta Matakuliah Softball Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Universitas Negeri Malang

Tri Wulan Cahyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyani, Tri Wulan. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Softball menggunakan Mobile Learning untuk Peserta Matakuliah Softball Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd. (2) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Mobile Learning, Permainan Softball.

 

Matakuliah Softball merupakan Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) pilihan di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Untuk dapat memahami materi permainan softball diperlukan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. Media yang digunakan dapat berupa media audio, audio visual, dan media cetak, termasuk juga handphone. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, maka peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis handphone. Menurut hasil penyebaran angket analisis kebutuhan, diperoleh presentase 100% mahasiswa setuju bila dikembangkan media pembelajaran mobile learning yang berisi materi permainan softball sebagai alternatif sumber belajar.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Softball menggunakan mobile learning untuk peserta matakuliah Softball jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang diharapkan dapat membantu dalam pembelajaran.

Dalam pengembangan produk ini, peneliti mengacu metode pengembangan (Research and Development) dari Borg and Gall (1983:775) yang terdiri dari 10 langkah yang kemudian disederhanakan sesuai teori Ardhana (2002:9) yang mengatakan bahwa prosedur pelaksanaan penelitian dan pengembangan bukan merupaka langkah yang baku, sehingga peneliti hanya menggunakan langkah 1 sampai langkah 7 saja.

Hasil akhir dari kegiatan penelitian pengembangan ini adalah berupa produk pengembangan media pembelajaran softball menggunakan mobile learning untuk mahasiswa peserta matakuliah softball jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang yang berisi materi permainan softball dengan spesifikasi produk: 1) produk berupa softfile yang dapat di aplikasikan pada smartphone android yang memiiki aplikasi pembaca epub. 2) produk memiliki halaman yang terdiri dari halaman pembuka, halaman kata pengantar, halaman inti yang berisi materi softball, contoh video pertandingan, halaman riwayat hidup, dan daftar rujukan. Dari hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata 83,44% dan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase rata-rata 84,15% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran softball dalam bentuk mobile learning untuk mahasiswa peserta matakuliah softball jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang sudah jelas dan menarik sehingga dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar.

 

Media pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan saran dan evaluasi dari beberapa ahli, yaitu 1 orang ahli media pembelajaran, 1 orang ahli pembelajaran, dan 1 orang ahli pembelajaran softball. Media pembelajaran yang dikembangkan tidak hanya dapat digunakan oleh peserta matakuliah softball namun dapat juga digunakan untuk wasit, pelatih, maupun mahasiswa yang ingin mengkaji lebih dalam tentang penelitian sejenis. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat membantu pembaca agar lebih mudah dalam  memahami materi permainan softball.