SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan Tembak Bola Susun untuk Kelas V Sekolah Dasar Negeri Mentor 2 Kabupaten Probolinggo

Mirrah ‘Azmi Nurhayati Esye

Abstrak


ABSTRAK

 

Esye, Mirrah ‘Azmi Nurhayati. 2015. Pengembangan Permainan Tembak Bola Susun untuk Kelas V Sekolah Dasar Negeri Mentor 2 Kabupaten Probolinggo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Dr. Eko Hariyanto, M.Pd. (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Permainan Tembak Bola Susun.

 

Permainan tradisional sangat sesuai untuk anak-anak di sekolah dasar. Permainan tradisional ini dikembangkan menjadi permainan tradisional yang dimodifikasi yaitu berupa permainan tembak bola susun agar lebih menarik, mengembangkan kerjasama, saling berinteraksi, mengembangkan sikap empati terhadap teman, menaati peraturan, serta menghargai orang lain. Dari analisis kebutuhan diperoleh hasil 87% siswa setuju dengan dikembangkannya permainan tradisional dan 97% setuju dengan dikembangkannya permainan tembak bola susun.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan permainan tembak bola susun untuk kelas V Sekolah Dasar Negeri Mentor 2 Kabupaten Probolinggo agar dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.

Metode penelitian dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan model yang dikemukakan oleh Borg & Gall, akan tetapi menurut Ardhana dalam prosedur pelaksanaan penelitian pengembangan bukan merupakan langkah-langkah yang baku yang harus diikuti. Maka dari itu peneliti memodifikasi dari Ardhana tentang langkah-langkah tersebut, yaitu sebagai berikut: 1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan produk awal, (3) tinjauan para ahli dan revisi berdasarkan evaluasi ahli , (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk awal berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, (6) uji coba kelompok besar, dan (7) revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar.

Hasil akhir dari kegiatan penelitian dan pengembangan ini adalah berupa permainan tembak bola susun yang dikemas dalam bentuk buku panduan. Analisis data validasi ahli permainan diperoleh hasil 75% untuk semua aspek dengan kategori cukup valid, analisis data validasi ahli pendidikan jasmani diperoleh hasil 75-100% dengan kategori cukup valid,  analisis data validasi ahli media diperoleh hasil 75-100% dengan kategori cukup valid, analisis data uji coba kelompok kecil terhadap siswa diperoleh hasil 87,34% dengan kategori sangat valid,  analisis data uji coba kelompok kecil terhadap guru pendidikan jasmani, diperoleh hasil 84,38% dengan kategori cukup valid, analisis data uji coba kelompok besar terhadap siswa diperoleh hasil 86,51% dengan kategori sangat valid dan analisis data uji coba kelompok besar terhadap guru pendidikan jasmani diperoleh hasil 85,94% dengan kategori sangat valid.

 

Berdasarkan hasil analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa permainan tembak bola susun untuk kelas V SD Negeri Mentor 2 Kabupaten Probolinggo dalam bentuk buku panduan bagi guru dapat digunakan sebagai alternatif meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas produk yang dikembangkan ini, karena hasil pengembangan ini masih terbatas sampai tersusunnya sebuah produk saja.