SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan model permainan beragam pada pembelajaran daya tahan jantung dan paru untuk kelas V SD Negeri Bareng 3 Kota Malang

Arni damayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Arni, Damayanti. 2015. Pengembangan Permainan Beragam pada Pembelajaran Daya Tahan Jantung dan Paru untuk Kelas V SD Negeri Bareng 3 Kota Malang. Skripsi jurusan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes, (2) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, pembelajaran daya tahan jantung dan paru, permainan beragam

Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang menuntut pendidik untuk kreatif, inovatif dan memiliki kemampuan pedagogik yang bagus dalam pelaksanaan pembelajaran, khususnya pembelajaran daya tahan jantung dan paru. Kurang maksimalnya hasil belajar yang disebabkan karena kurangnya antusias peserta didik karena tidak adanya pengembangan dan modifikasi pembelajaran yang sesuai dalam melaksanakan pembelajaran materi daya tahan jantung dan paru yang diberikan pendidik adalah masalah utama yang harus dipecahkan oleh seorang pendidik. Untuk mengatasi kondisi tersebut, dibutuhkan penelitian dan pengembangan.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan permainan beragam pada pembelajaran daya tahan jantung dan paru untuk  kelas V SD Negeri Bareng 3 Kota Malang.

Model yang di gunakan dalam penelitian ini berupa model procedural yang langkah-langkah pengembangan merujuk pendapat  research and development Borg and Gall. Analisis data yang digunakan adalah  deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis kebutuhan menggunakan 33 orang peserta didik dan satu orang pendidik dengan mengisi intrumen tes dan wawancara.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data sebagai berikut: evaluasi produk dari ahli pembelajaran diperoleh hasil 89,9% termasuk kategori cukup valid, evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar diperoleh hasil 83,1% termasuk kategori cukup valid, evaluasi ahli kebugaran jasmani(daya tahan jantung dan paru) diperoleh hasil 78,8% termasuk  kategori cukup valid, evaluasi permainan diperoleh hasil 77,1 % masuk kategori cukup valid, dan evaluasi ahli media diperoleh hasil 91,6% termasuk dalam kategori sangat valid, hasil uji coba kelompok kecil yang melibatkan 12 peserta didik kelas V adalah 85,5% hasilnya cukup valid, dan uji coba kelompok besar yang melibatkan 32 peserta didik  adalah 87,4% hasilnya sangat valid, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan permainan beragam pada pembelajaran daya tahan jantung dan paru dapat digunakan untuk kelas V SD Negeri Bareng 3 Kota Malang.

Saran peneliti adalah: sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektifitas produk yang dikembangkan ini, karena hasil pengembangan ini masih terbatas sampai tersusun pada sebuah produk saja dan diharapkan adanya pengembangan selanjutnya baik dalam aktivitas gerakan-gerakannya maupun media yang digunakan dalam pembelajarannya.